Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
C8-AUD
Deskripsi:

Mata kuliah ini berisi materi tentang kegiatan seni sebagai edutaimen di lembaga PAUD; meliputi kemampuan merancang dan menciptakan karya seni yang menghibur dan mendidik, penghitungan biaya produksi dan nilai jual karya seni, mempromosikan dan memasarkan melalui berbagai media kepada masyarakat umum, penyajian karya seni secara terpadu dalam satu pameran dan pagelaran.



Capaian Pembelajaran
  • Memahami tentang kegiatan seni sebagai edutaimen di lembaga PAUD

  • Mampu merancang dan menciptakan karya seni yang menghibur dan mendidik

  • Mampu menghitung biaya produksi dan nilai jual karya seni

  • Mampu mempromosikan dan memasarkan melalui berbagai media kepada masyarakat umum

  • Mampu menyajikan karya seni dalam pameran dan pagelaran

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • Bast, Gerald, Carayannis, Elias G. 2015. Arts, Research, Innovation and Society. New York. Springer.

  • Pamadhi, Hadjar, dkk.2012. Pendidikan Seni di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

  • Ali,F. 1997, “Budaya Lokal di Indonesia”,Aspirasi Budaya Lokal Dalam Konteks Negara Kesatuan,Jakarta : Penerbit Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen dalam Negeri.

  • Djelantik, A.A.M. 1999. “ESTETIKA Sebuah Pengantar”. Bandung : Masyarakat seni pertunjukan seni Indonesia.

  • Geriya, Wayan. 1995. Pariwisata dan Dinamika Kebudayaan Lokal. Nasional, Global, Bunga Rampai, Upada Sastra, Denpasar.

  • Jamalus. 1998. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta : Depdikbud Ditjen Dikti.

  • Kamaril, Cut. 1999. Pendidikan Seni Rupa Kerajinan Tangan. Jakarta : Universitas Terbuka.

  • Kamtini,dkk . 2005. Bermain melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

  • Mahmud, AT. 1995. Musik dan Anak. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

  • Maryanto. 1994. Kurikulum Lintas Bidang studi. Jakarta: Rasindo.