Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
G-K
Deskripsi:

Permasalahan pada masyarakat dan kelusrga; Pangan dan sifat-sifat gizi penyusunnya; Sumber dan zat gizi dari berbagai kelompok pangan dan keanekaragaman pangan; Pengolahan pangan berbasis kearifan local; Analisis bahan makanan disesuaikan kebutuhan gizi; Recall energy dikaitkan dengan asupan makanan dan aktivitas individu; Fisiologi zat gizi dari karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin; Kerusakan akibat pengolahan; Bahaya bahan aditif, Gizi usia 0-5 th, 5-12 th, remaja, dewasa, dan manula; gizi fisiologi khusus dikaitkan penyakit tertentu.



Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan gizi pada masyarakat dan keluarga

  • Mahasiswa mampu menjelaskan tentang diagnose malnutrisi

  • Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan  yang sehat  untuk anak umur 0-5 tahun

  • Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk anak umur 6-12 tahun

  • Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk dewasa

  • Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk ibu hamil dan menyusui

  • Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk manula

  • Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk penyakit khusus (diabet, stroke, ginjal dan kanker

  • Mahasiswa mampu merecall energi dikaitkan dengan asupan makanan dan aktivitas individu
Daftar Pustaka:
  • Almatsier, Sunita. 2001. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka: Utama.

  • Utomo, R.M. Prijo. 1994. Ilmu Gizi. Makanan, Fisiologi dan Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan. Malang. OPF IKIP MALANG 1993/1994.

  • Wilson, E.D. eS al. 1979. Principles of nutrition. New York. John Wiley and Sons
  • Winarno, F.G. dan Titi Sulistyo Rahayu. 1994. Bahan Tambahan Makanan dan Komtaminan. Jakarta. Pustaka: Sinar Harapan.