Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
G-K
Deskripsi:
Permasalahan pada masyarakat dan kelusrga; Pangan dan sifat-sifat gizi penyusunnya; Sumber dan zat gizi dari berbagai kelompok pangan dan keanekaragaman pangan; Pengolahan pangan berbasis kearifan local; Analisis bahan makanan disesuaikan kebutuhan gizi; Recall energy dikaitkan dengan asupan makanan dan aktivitas individu; Fisiologi zat gizi dari karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin; Kerusakan akibat pengolahan; Bahaya bahan aditif, Gizi usia 0-5 th, 5-12 th, remaja, dewasa, dan manula; gizi fisiologi khusus dikaitkan penyakit tertentu.
Capaian Pembelajaran
-
Mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan gizi pada masyarakat dan keluarga
-
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang diagnose malnutrisi
-
Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk anak umur 0-5 tahun
-
Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk anak umur 6-12 tahun
-
Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk dewasa
-
Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk ibu hamil dan menyusui
-
Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk manula
-
Mahasiswa mampu menganalisis kandungan bahan pangan yang sehat untuk penyakit khusus (diabet, stroke, ginjal dan kanker
- Mahasiswa mampu merecall energi dikaitkan dengan asupan makanan dan aktivitas individu
-
Almatsier, Sunita. 2001. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka: Utama.
-
Utomo, R.M. Prijo. 1994. Ilmu Gizi. Makanan, Fisiologi dan Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan. Malang. OPF IKIP MALANG 1993/1994.
- Wilson, E.D. eS al. 1979. Principles of nutrition. New York. John Wiley and Sons
- Winarno, F.G. dan Titi Sulistyo Rahayu. 1994. Bahan Tambahan Makanan dan Komtaminan. Jakarta. Pustaka: Sinar Harapan.
- Teacher: Nursasi Handayani
- Teacher: Yunita Rakhmawati