Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
F9-SD3
Deskripsi:

Mata kuliah Pembelajaran Matematika kelas tinggi ini mengkaji tentang hakekat pembelajaran matematika di SD kelas tinggi, teori belajar matematika, kurikulum matematika SD kelas tinggi, dan menyusun perangkat pembelajaran matematika kelas tinggi serta praktik pembelajaran Matematika di kelas tinggi disertai melaksanakan penilaian pembelajaran matematika di SD dengan menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif berorientasi PAIKEM BATIK


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai substansi dan metode pembelajaran Matematika SD di kelas tinggi.

  • Menganalisis kurikulum matematika di SD kelas tinggi.

  • Merancang dan mensimulasikan perangkat pembelajaran matematika kelas tinggi di SD secara mandiri berorientasi PAIKEM BATIK.

  • UTS dan UAS

Daftar Pustaka:
  • Bennet Jr, AB & Nelson LT.2007. Mathematics for Elementery Teachers (7th/e0- An Activity Approach. New York: McGraw-Hill.
  • Sugiarto, Isti Hidayah. 2006. Cara Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang

  • Burger, William F & Musser, Garry L. 2007. Mathematics for Elementary Teachers (Third Edition). Macmillan college Publishing Company, Inc.

  • D’Augustine, C dan Smith, Jr.C.W.. 1992. Teaching Elementary School Mathematics. New York: Harper Collins.

  • Kagan Spencer, 1994. Cooperative Learning. Wee Co-op: Resources Theachers, Inc.

  • Kemendikbud. 2016. Permendikbud No. 20, 21, 22, 23, 24 tahun 2016. Kemendikbud : Jakarta

  • Mark L. John, dkk, 1985. Teching Elementary School Mathematics For Understanding. New York: Mc. Graw Hill.

  • Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

  • Sa’dijah C. 1999. Pendidikan Matematika II. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud

  • Streefland L. 1991. Realistics Mathematics Education In Primary School On the accasion of the opening of the Freudental Institute. Utrecht: Freudenthal Institute.