Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A5G-SD3
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang penalaran deduktif dan induktif dalam matematika, logika, tautologi, kontrakdiksi, penarikan kesimpulan, himpunan, bilangan dan lambangnya, bilangan cacah, bilangan bulat, FPB dan KPK, pecahan, desimal, perbandingan dan skala, bilangan rasional dan irrasional, perpangkatan, penarikan akar, basis bilangan, sistem notasi, sistem modulo, relasi dan fungsi, persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, unsur geometri, bangun datar, bangun ruang, pengukuran (panjang, massa, suhu, luas, keliling, volume, kapasitas), pengelolaan data
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Matematika yang mendukung pembelajaran Matematika SD/MI.
  • Menganalisis kajian substansi Matematika di SD/MI dengan menerapkan 4K (kreatif, berpikir kritis, kolaboratif, dan komunikatif).
Daftar Pustaka:
  • Bennett, AB, Nelson LT. 2004. Mathematics for Elementary Teachers an Activity Approach. New York: McGraw-Hill Companies, Inc
  • Bennett, AB, Nelson LT. 2004. Mathematics for Elementary Teachers a Conceptual Approach. New York: McGraw-Hill Companies, Inc
  • Burton, David M. 2011. The History of Mathematics: An Introduction 7th edition. New York: McGraw-Hill
  • Gibilisco, Stan. 2003. Geometry DeMystified A Self Teaching Guide. New York: Mc Graw Hill
  • Harmini, S. 2013. Penalaran dan Pemecahan Masalah dalam Matematika di SD untuk PGSD. Malang: FIP UM
  • Harmini. S., Soerjono, B. 2009. Aritmetika SD. Malang: FIP UM
  • Musser, G. L., Burger, W. F., Peterson, B. E. Mathematics for Elementary Teachers: A Contemporary Approach 9th Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
  • Winarni, E.S. & Harmini, S. 2006. Matematika Untuk PGSD. Malang: FIP UM.