Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:

Prinsip Fisika Statistik: besaran mikroskopik dan besaran makroskopik, ruang fase, energi level, energi state dan degenerasi. Kementakan Termodinamik: distribusi Bose Einstein, distribusi Fermi-Dirac, distribusi Maxwell-Boltzmann. Keadaan (state) suatu Sistem Model: entropi sistem, aras tenaga atom hidrogen, momen magnet total, perhitungan cacah keadaan dan fungsi multiplisitas. Entropi dan Suhu: definisi entropi menurut fisika statistik, definisi suhu, kesetimbangan termal, hukum kenaikan entropi, entropi sebagai logaritma. Agihan Boltmann dan Tenaga Bebas Helmholtz: faktor Boltzmann, fungsi partisi, tenaga dan kapasitas kalor sistem dua keadaan, tenaga bebas Helmholtz, gas ideal, entropi campuran. Radiasi Termal dan Agihan Planch: fungsi agihan Planch, hukum Planch dan hukum Stefan-Boltmann, rapat tenaga radiasi, hukum Kirchhoff untuk pemancar dan penyerapan, fonon dalam zat padat (teori Debye), hukum T3 Debye.


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep esensial tentang Prinsip Fisika Statistik; Distribusi Bose-Einstein, Distribusi Fermi-Dirac, Distribusi Maxwell-Boltzman; Keadaan (state) suatu Sistem Model; Entropi dan Suhu; Agihan Boltmann dan Tenaga Bebas Helmholtz; Radiasi Termal dan Agihan Planck dan menerapkannya untuk menyelesaikan permasalahan terkait secara tepat, sistematis, kreatif, mandiri, bertanggungjawab dan sesuai dengan perkembangan ipteks serta menjadi bekal untuk merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran fisika sekolah.


Daftar Pustaka:
  • Sears, F.W and Salinger, G.L. 1975. Thermodynamics, Kinetic Theory and Statistical Thermodinamics. Addison Wesley Publishing Copany, Inc;
  • Kittel, C., and Kromer, H.1980. Thermal Physics. San Francisco: W.H. Freman and Company;

  • Pointon, A.J. 1967. An Introduction to Statistical Physics for Students. London: Longman Inc.

  • jemen Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.