Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B9-AUD
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi konsep dan teori tentang model, pendekatan, strategi, metode, teknik dan prosedur pembelajaran anak usia dini, dan penerapannya pada pembelajaran anak usia dini yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak dalam kerangka peningkatan mutu layanan Pendidikan Anak Usia Dini yang bertanggung jawab
Capaian Pembelajaran
Terampil menganalisis berbagai konsep dan teori tentang model, pendekatan, strategi, metode, teknik dan prosedur pembelajaran anak usia dini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
Mampu memilih dan menerapkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik dan prosedur yang sesuai dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dalam peningkatan mutu pembelajaran anak usia dini secara bertanggung jawab dalam bentuk rancangan pembelajaran
Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu pembelajaran anak usia dini secara bertanggung jawab melalui pembuatan rancangan pembelajaran untuk anak usia dini yang sesuai dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini
UAS
Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana
Agustini, D. 2013. Dasar-Dasar Penataan Lingkungan Belajar dan Bermain di Taman Kanak-Kanak. Modul Materi Pokok Diklat Kompetensi Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Dasar. Bandung: PPPPTK TK dan PLB
Dedi Supriadi. 2003. Aktivitas Mengajar Anak TK. Bandung: Katarsis.
Depdiknas. 2004. Pedoman Pembelajaran Taman Kanak-kanak. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.
Nugraha, Ali, dkk. 2015.Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD
Yusuf, Farida, dkk. 2015. Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD
Moeslicatoen R. 2001. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Malang: Penerbit Univ. Negeri Malang.
- Teacher: I Wayan Sutama Drs. , M.Pd