Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
H-H
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang secara khusus memberikan upaya mahasiswa memahami dan menguasai secara mendalam prinsip – prinsip ilmu manajemen dan penerapannya di koperasi dan Usaha Micro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan mengenal,mengamati hingga membahas teori ilmu manajemen dan praktik dasar fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dibidang manajemen pemasaran, sumber daya manusia, produksi-operasional, serta keuangan untuk mencapai tujuan organisasi secara terukur, efektif, dan efisien dengan mempertimbangkan risiko yang melekat pada setiap individu yang terlibat di organisasi.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami karakteristik dan dinamika masing – masing organisasi: Koperasi dan UMKM
  • Mengenal, membaca, dan memahami pengenalan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian pada bidang manajemen pemasaran, sumber daya manusia, produksi-operasional, dan akuntansi & keuangan serta kewirausahaan dalam mencapai tujuan organisasi dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang mempengaruhinya.
  • Memahami dinamika praktik manajemen di koperasi dan UMKM
Daftar Pustaka:
  • 1. Allen, K, R. A dan Meyer, E. C. 2006. Entrepreneurship And Small Business Management. Mc Graw Hill 2. Brealey, R.A., Steaward C. Myers, dan Alan J. Marcus, 2007, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan (terjemahan), Jilid 1 & 2, edisi Kelima, Erlangga 3. Desler, Garry. 2020. Human Resource Mangement 16th. New York: Pearson Education 4. Heizer, J and Render, B. 2017. Operation Management: sustanibility and supply chain management. New York: Person 5. Hendar. 2010. Manajemen Perusahaan Koperasi. Jakarta: Erlangga 6. Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga 7. Firdaus, M., dan Susanto, A, E. 2002. Perkoperasian: Sejarah, Teori, dan Praktek. Jarkarta: Ghalia 8. Kala’lembang, A., dkk. 2020. Pengantar UMKM. Dalam Fattah Hidayat (Ed.). Yogykarta: FAI UCY. 2020 9. Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management.14th. Global edition: Pearson Education 10. Kotler, Philip, dkk. (2019). Marketing 4.0: bergerak dari tradisional ke digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 11. Leach, J, C and Melicher, R, W. 2009. Finance for Entreprenuers 3th. South-Wesetern Cengange Learning 12. Priyono, J dan Syarbini, H. 2014. UKM Naik Kelas. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri 13. Rudianto. 2010. Akuntansi Koperasi: Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga 14. Schaper, M. et all. 2011. Entreprenuership and Small Business. John Wiley & Sons Autralia Ltd 15. Tanjung, M. A. 2017. Koperasi dan UMKM sebagai Fondasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga