Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Perkembangan kebijakan pendidikan nasional dan internasional; teori-teori pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan bidang ilmu; problematika pendidikan dan pembelajaran berdasarkan kebijakan pendidikan nasional dan internasional serta hasil-hasil penelitian mutakhir yang sesuai dengan bidang ilmu pada jurnal bereputasi untuk menyusun gagasan pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis dengan cermat dan teliti kebijakan pendidikan nasional dan internasional berdasarkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan bidang ilmu.
  • Menganalisis dengan cermat dan teliti problematika pendidikan dan pembelajaran berdasarkan kebijakan pendidikan nasional dan internasional
  • Menganalisis dengan cermat dan teliti problematika pendidikan dan pembelajaran berdasarkan hasil-hasil penelitian mutakhir yang sesuai dengan bidang ilmu
  • Menyusun gagasan pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran berdasarkan hasil analisis masalah secara transdisiplin, inovatif dan menggunakan pola pemikiran ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.
Daftar Pustaka:
  • Gedera, D. S. P., and Williams, P. J. 2016. Activity Theory in Education. Rotterdam: Sense.
  • Peters, R. S. 2010. The concept of education. New York, NY: Routledge.
  • Slattery, P. 2013. Curriculum development in the postmodern era: Teaching and learning in an age of accountability. New York, NY: Routledge.
  • Usher, R., & Edwards, R. 1994. Postmodernism and education. New York, NY: Routledge.
  • Winch, C., & Gingell, J. 2008. Philosophy of education: The key concepts (2nd ed.). New York, NY: Routledge.
  • Hassard, J. 2005. The art of teaching science: inquiry and innovation in Middle School and High School. Oxford University Press, Inc
  • Massachusetts Department of Elementary and Secondary Education, 2016. Massachusetts Science and Technology-Engineering Curriculum Framework: Brief Description of Each Science and Engineering Practice (pp. 102-104)
  • NRC, 2012. A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington: The National Academic Press
  • Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories: An Educational Perspective. Boston, MA: Pearson.
  • Artikel-artikel di jurnal internasional bereputasi
  • Kebijakan-kebijakan pendidikan nasional
  • Bauman, Z. 2000. Liquid modernity. Cambridge: Polity Press.
  • Jackson, P. W. 2012. What is education? Chicago, IL: University of Chicago Press.