Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Dalam beberapa tahun terakhir, lingkungan bisnis telah menyaksikan sebuah revolusi karena teknologi internet. Teknologi tersebut secara signifikan mempengaruhi cara sebuah bisnis menjual produk mereka dan berinteraksi dengan pemasok mereka. E-Marketing akan membantu Anda mengembangkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip dan praktik penggunaan Internet dan teknologi lainnya seperti media sosial dan telepon seluler untuk memasarkan barang dan jasa. Meneliti berbagai model bisnis yang digunakan dalam pemasaran elektronik, dan mengeksplorasi teknik dan metodologi untuk melakukan penelitian e-market dan mengembangkan kecerdasan kompetitif dalam sebuah organisasi. Selain itu, E-Marketing juga menjabarkan secara rinci untuk merencanakan dan menerapkan strategi E-Marketing yang komprehensif menggunakan strategi penetapan harga alternatif, periklanan dan promosi, dan jalur distribusi. E-Marketing juga mempertimbangkan isu penting lainnya seperti akuisisi dan retensi pelanggan, dan tantangan yang dihadapi perusahaan dalam penerapan strategi E-Marketing di pasar global.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mampu mengidentifikasi konsep dasar dan karakteristik dari pemasaran online.
  • 2. Mampu memahami berbagai jenis saluran dan media dalam pemasaran online.
  • 3. Mampu menguasai dan menerapkan berbagai strategi dalam pemasaran online.
  • 4. Mampu memahami dan menganalisis cara kerja dalam pemasaran online.
  • 5. Mampu memahami dan menerapkan konsep CRM dalam kegiatan bisnis
Daftar Pustaka:
  • Judy Strauss & Raymond Frost. 2016. E-Marketing. London and New York: Routledge Ward Hanson. 2000. Pemasaran Internet. Jakarta: Salemba Empat Ryan Deiss & Russ Henneberry. 2017. Digital Marketing for Dummies. New Jersey: Wiley Philip Kotler. 2007. Reinventing Marketing to Manage the Environmental Imperative. Journal of Marketing Vol. 75 (July 2011), 132–135 Trusov, Michael, Randolph E. Bucklin, and KoenPauwels. 2009. Effects of Word-of-Mouth Versus Traditional Marketing: Findings from an Internet Social Networking Site, Journal of Marketing, 73, 5, 90–102. Merry Magdalena. 2015. Strategi Marketing Online Ala Bukalapak. Jakarta: Grasindo Publiser G.M. Susanto. 2017. The Power of Digital Marketing. Jakarta: ElexMedia Ryan Kristo Muljono. 2018. Digital Marketing Concept. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Kotler, Keller. (2016). Marketing Management. 15e, Boston, Pearson Education. Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks. Kotler dan Gary Amstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga.