Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B9-AUD
Deskripsi:
Perkuliahan
ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang hakikat bimbingan
dan konseling untuk anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, karakteristik dan urgensi/pentingnya
bimbingan utk Aud; Jenis dan karakteristik bimbingan di TK/lembaga PAUD; Pendekatan
dalam pelaksanaan bimbingan di Paud; Program dan bentuk layanan dasar bimbingan utk Aud, menganalisis hasil layanan
bimbingan serta layanan evaluasi dan
tindaklanjut serta pelaporan program bimbinganAud; Peran guru sbg pembimbing
AUD; mengelolaa program bimbingan sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan
bimbingan dan konseling AUD.
Rp
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa menguasai hakikat bimbingan dan konseling untuk Anak usia dini
Mahasiswa menguasai pendekatan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di Paud
Mahasiswa menguasai Jenis program dan bentuk layanan dasar bimbingan dan konseling di Paud
Mahasiswa mampu menerapkan teori, kaidah, dan prinsip-prinsip dalam praktik
bimbingan di sekolah/lembaga PaudUTS
UAS
Margery & Neely. 2002. Counselling and Guidance Practices with Special Education Student. Homewood. The Dorsey Press.
Seefeldt C dan Nita B. 2004. Early Childhood Education. New York: Macmillan
Syaodih, E, Agustin, M. 2012. Bimbingan Konseling untuk Anak UsiaDini. Jakarta. Universitas Terbuka
Syaodih, E. 2010. Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Dirjen Dikti Depdiknas
Susanto, A. 2015. Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Prenada Media Group
- Pengajar: Tomas Iriyanto