Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A20-MPD
Deskripsi:
Melakukan kajian dan analisis terhadap berbagai teori organisasi, dengan pene¬kanan pada manusia dan kerjasamanya dalam situasi organisasi pendidikan. Aneka model seperti: model mesin, model sosial homeostatik, model holistik, model kontingensi, dibahas dan diperlihatkan keterkaitannya dalam satu kontinum filosofik manajemen yang mewarnai konsep manusia tentang dirinya dalam oganisasi dangan konsekuensi tuntutan peran dan tanggung jawab.
Capaian Pembelajaran
  • Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang disain dan analisis data riset kuantitatif dan kualitatif untuk melakukan penelitian di bidang manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional, dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, serta menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora pada bidang kajian manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan.
  • Terampil dalam membuat desain dan analisis data riset kuantitatif dan kualitatif yang digunakan untuk melaksanakan penelitian pada bidang manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Arifin, I. 1996. Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada Press
  • Aziz, A. 2007. Memahami Fenomena Sosial Melalui Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  • Berg, B.L. 2004. Qualitative Research Methods for The Social Sciences. Fifth Edition. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Bogdan, R.C. dan Biklen. S.K. 1998. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
  • Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1992. Educational Research. London: Longman.
  • Bungin, B. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  • Creswell, J.W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Fawaid, A. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Johnson, B. dan Christensen, L. 2004. Educational Research. Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Merriam, S. 1998. Qualitative Research and Case Study Aplications for Education. San Fransisco: John Wiley and Sons, Inc.