Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
L-L1
Deskripsi:
Matakuliah ini merupakan dasar bagi mahasiswa calon guru untuk dapat
melakukan pengajaran secara baik. Kemampuan holistik dalam pengajaran akan
disajikan secara parsial sehingga diharapkan setiap mahasiswa mampu memahami
dan mempraktekkan bagian-bagian dalam pengajaran. Oleh karena itu materi dalam
matakuliah ini berisi keterampilan dasar dalam pengajaran antara lain:
keterampilan membuka dan menutup, keterampilan menjelaskan, keterampilan
penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan variasi, keterampilan diskusi,
keterampilan mengelola kelas dan keterampilan membimbing kelompok kecil. Selain
itu juga berisi pengetahuan dasar yang terkait dengan proses pengajaran
Capaian Pembelajaran
Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep mengajar dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dan beorientasi pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta kemandirian belajar
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar bidang studi pendidikan administrasi perkantoran sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dengan memanfaatkan TIK untuk mendorong kemandirian belajar
Mampu mengalisis berbagai permasalahan dan hambatan dalam pembelajaran administrasi perkantoran serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan dan mengembangkan berbagai sumber belajar terutama yang berbasis TIK dan potensi lingkungan lokal
Ambili Remesh. 2013. Microteaching, an efficient technique for learning effective teaching. Journal of research in medical sciences
Louisell, R. D. and Descamp, J. 1992. Developing Of Teaching Style
Susanto, P. 2002. Keterampilan Dasar Mengajar Berbasis Konstruktivisme. Malang: Universitas Negeri Malang (JICA)
Kumpulan Materi Pelatihan, disajikan dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengajaran Mikro bagi Para Dosen Universitas Negeri Yogyakarta di UPTPPL Universitas Negeri Mlang, tanggal 26 s.d 29 Juli 2006.
Asril, Zaenal. 2010. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers
Asmani, Jamal Makmur. 2010. Pengenalan dan PelaksanaanLengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Jogyakarta: Diva Press
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh.Yogyakarta: Pustaka Belajar
Callahan, J.F., Clark, L.H., and Kollough, R.D. 1992. Teaching in the Midle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company
Darmadi, Hamid. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta
Depdiknas, JICA, IDCJ. 2008. Buku Petunjuk Guru untuk Pembelajaran yang Lebih Baik. Program SISTTEMS – JICA
Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Taeching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC
Kemendikbud, 2013. Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta
- Pengajar: I Nyoman Suputra, M.Si