Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B8-AUD
Deskripsi:

Isi pokok mata kuliah ini meliputi: konsep dasar penelitian pendidikan, ragam penelitian pendidikan, tahapan pelaksanaan penelitian, strategi penelitian, teknik analisis data penelitian, rancangan proposal dan laporan penelitian


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai pengetahuan tentang konsep dasar penelitian pendidikan dan praktik penelitian pendidikan dalam mengembangkan profesionalisme,

  • Menguasai konsep ragam penelitian pendidikan

  • Menguasai teknik analisis data penelitian

  • Terampil mengaplikasikan konsep desain penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, pengembangan, Mixed Method untuk memecahkan masalah dalam pendidikan anak usia dini secara mandiri, bermutu dan terukur

  • Terampil membuat rancangan proposal dan laporan penelitian dalam pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan profesionalisme

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • Cresswell, J.W.2010. Research Design:Qualitative & Quantitative Approaches. London: SAGE Publicational

  • Hartono. 2010. Analisis Item Instrumen. Bandung: Nusa Media

  • Berg, B.L. 2007. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Boston: Pearson.

  • Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

  • Cresswell, J.W.2007. Mix Method. London: SAGE Publicational.

  • Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research. Sevent Edition Singapore: mcGraw-Hill Inc.

  • Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall.

  • Denzin, N.K. and Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Terjemahan oleh Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

  • Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

  • Gall, M.D. et al. 2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon.