Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
C8-AUD
Deskripsi:
Isi pokok mata kuliah ini meliputi: konsep dasar
penelitian pendidikan, ragam penelitian pendidikan, tahapan pelaksanaan penelitian, strategi
penelitian, teknik analisis data penelitian, rancangan
proposal dan laporan penelitian
Capaian Pembelajaran
Menguasai pengetahuan tentang konsep dasar penelitian pendidikan dan praktik penelitian pendidikan dalam mengembangkan profesionalisme,
Menguasai konsep ragam penelitian pendidikan
Menguasai teknik analisis data penelitian
Terampil mengaplikasikan konsep desain penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, pengembangan, Mixed Method untuk memecahkan masalah dalam pendidikan anak usia dini secara mandiri, bermutu dan terukur
Terampil membuat rancangan proposal dan laporan penelitian dalam pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan profesionalisme
UTS
Cresswell, J.W.2010. Research Design:Qualitative & Quantitative Approaches. London: SAGE Publicational
Hartono. 2010. Analisis Item Instrumen. Bandung: Nusa Media
Berg, B.L. 2007. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Boston: Pearson.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Cresswell, J.W.2007. Mix Method. London: SAGE Publicational.
Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research. Sevent Edition Singapore: mcGraw-Hill Inc.
Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall.
Denzin, N.K. and Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Terjemahan oleh Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gall, M.D. et al. 2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon.
- Teacher: pramono Pramono