Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
AC-AC
Deskripsi:

Penilaian memiliki peranan yang sentral dalam pembelajaran fisika. Matakuliah ini didesain untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa tentang prinsip, praktik terkini dan standar-standar penilaian dalam pembelajaran fisika. Penilaian sumatif dan formatif sebagai tujuan penilaian dibahas dengan penekanan pada implementasi penilaian formatif. Mahasiswa juga akan menganalisis berbagai metode penilaian baik tes maupun non Tes (kinerja, portfolio, produk, project) serta mengembangkan instrumen-instrumen terkait yang dibutuhkan. Pelaksanaan, analisis dan pemanfaatan serta pelaporan hasil-hasil penilaian juga akan dikaji dalam matakuliah ini. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa juga akan dikenalkan dengan implementasi penilaian berbantuan teknologi komputer.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman tentang peranan asesmen dalam pembelajaran, menjelaskan standar-standar penilaian, membedakan tujuan penilaian formatif dan sumatif, merancang dan menyusun instrument penilaian dalam pembelajaran fisika, menerapkan berbagai metode penilaian dalam pembelajaran fisika, dan menganalisis dan melaporkan data penilaian sebagai informasi dalam melakukan tindak lanjut penilaian dalam pembelajaran fisika.

Daftar Pustaka:
  • Anderson, R. & Krathwohl. 2001. Taxonomy of Bloom,s Revision for Learning, Instruction and Assessing.

  • .................... 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia

  • Bell, B. &, Cowie B. (2002). Formative assessment and sceince education, New York: Kluwer Academic Publisher.

  • Gronlund, N. E. (1981). Measurement and Evaluation. New York: Mc Millan Publishing Co.

  • Kusairi, S (2013), Asesmen Pembelajaran Sains, Malang: UM Press

  • Lambert, D. & Lines, D. (2000). Understanding assessment: purposes, perspective, practices, London: Routledge Falmer.

  • Popham, W.J. (1995) Classroom Assessment, What Teachers Need to Know. Boston: Allyn & Bacon.