Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:

Ciri-ciri sekolah yang efektif, ciri-ciri manajemen berbasis sekolah (MBS), Rencana Pengembangan Sekolah (RPS), Pengelolaan pendanaan sekolah, Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, Peran serta masyarakat dalam pendidikan, peran serta masyarakat (PSM) dalam pembelajaran, jenis-jenis PSM, cara mendorong PSM, Dewan Sekolah, Komite Sekolah, Menjalin kemitraan dengan pihak luar, Manajemen dan kepemimpinan sekolah, Monitoring dan Evaluasi program sekolah.


Capaian Pembelajaran
  • Memahami filosofi, konsep dan prinsip dalam manajemen berbasis sekolah


  • Melaksanakan manajemen berbasis sekolah


  • Menilai pelaksanaan manajemen berbasis sekolah


  • Menganalisis peran serta masyarakat dalam MPMBS

  • Menganalisis kepemimpinan sekolah

Daftar Pustaka:
  • Abu-Duhou, I. 1999. School-based Management. Paris: International Institute for Educational Planning-UNESCO


  • Caldwell, B.J. 2005. School-based Management. Paris: International Institute for Educational Planning-UNESCO.

  • Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Paket Pelatihan Untuk Sekolah dan Masyarakat (Paket 1, 2, 3, 4). Jakarta: Depdiknas bekerjasama dengan USAID, AUSAID, UNICEF

  • Departemen Pendidikan Nasional. Tanpa tahun. Konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat PLP Depdiknas

  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah

  • Overton, R. 2002. Leadership Made Simple. Singapore: Wharton Books Pte Ltd.

  • Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.