Tahun Akademik:
Genap 2018/2019
Kelas-Offr:
A-C5A
Deskripsi:

Wawasan teoritik dan kontekstual tentang lintasan perkembangan manusia (life span developmental/ developmental trajectory); isu-isu dan faktor-faktor perkembangan; prinsip perkembangan; aspek-aspek perkembangan peserta didik (fisik-psikomotorik, kognitif, bahasa, moral-spiritual, sosial, emosi) dalam bingkai budaya Indonesia dan dalam konteks kehidupan global; tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan peserta didik; karakteristik anak berkebutuhan khusus dan gangguan perkembangan; asesmen pemahaman individu peserta didik; diagnosis perkembangan peserta didik dan solusi masalah perkembangan peserta didik.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menelaah secara mendalam aspek-aspek perkembangan peserta didik (fisik-psikomotorik, kognitif-bahasa, sosio-emosi, moral-spriritual) sesuai dengan karakteristik yang telah tumbuh dan berkembang, dalam latar keluarga dan latar sosial

  • Mahasiswa mampu menganalisis dan menemukan solusi problem perkembangan peserta didik

  • Mahasiswa mampu merumuskan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, dalam rangka optimalisasi perkembangan (developmental trajectory) peserta didik.

Daftar Pustaka:
  • Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Jakarta: PT. Refika Aditama


  • Triyono, dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

  • Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

  • Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. 2006. Exceptional Learners: Introduction to Special Education. USA: Pearson.

  • Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

  • Kail, R.V. 2010. Children and Their Development. New Jersey: Pearson Education.

  • Santrock. J. W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup.(edisi kelima) Jakarta: Erlangga

  • Santrock, J.W. 2004. Child Development. Boston: McGraw-Hill.

  • Santrock, J.W. 2012. Adolescence: Perkembangan Remaja. Alih Bahasa: Shinto D. Adelar & Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.

  • Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education, Inc.