Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:

Metode sejarah dalam kajian radikalisme dan toleransi; radikalisme dalam sejarah Indonesia mulai masa Hindu-Budha, Islam, kolonial, dan kemerdekaan; nilai-nilai toleransi berbasis kearifan lokal dalam sejarah Indonesia; relevansi nilai-nilai toleransi berbasis kearifan lokal dalam kehidupan kini dan masa depan; kehidupan keberagaman masyarakat Indonesia masa Hindu-Budha, Islam, kolonial, dan kemerdekaan.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menggunakan metode sejarah dalam kajian radikalisme di Indonesia dari masa ke masa secara teliti, jujur, kritis, dan kreatif.

  • Mampu menggunakan metode sejarah dalam kajian toleransi di Indonesia dari masa ke masa secara teliti, jujur, kritis, dan kreatif.

  • Mampu menganalisis konsep-konsep toleransi berbasis kearifan lokal dalam sejarah Indonesia sebagai bentuk pemahaman terhadap realitas masa lalu, masa kini, dan masa depan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Daftar Pustaka:
  • Arif, S. 2010. Deradikalisasi Islam; Paradigma dan Strategi Islam Kultural. Depok: Koekoesan.

  • Ule.S. 2015. Melakukan Teologi di bad Plural. Yogyakarta: Ledalero

  • Philips, G. 2016. Melampui Pluralisme. Malang: Madani.

  • As-Sirjani. R. 2015. The Harmony of Humanity. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

  • Budiman, A. 2006. Teori Negara: Negara, Kekuasaan, dan Ideologi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

  • Engineer, A.A. 2004. Liberasi Teologi Islam: Membangun Teologi Damai dalam Islam.Yogyakarta: Alinea.

  • Hendropriyono, A.M. 2009. Terorisme Fundamentalis Kristen, Yahudi, Islam. Jakarta: Kompas.

  • Mubarak, M.Z. 2008. Geneologi Islam Radikal di Indonesi. Jakarta: LP3ES.

  • Sallomi, M.A. 2015. Perang Global Melawan Terorisme dan Tragedi Kemanusiaan. Depok: Lentera Press.

  • Shihab, A. 1999. Islam Inklusif. Bandung: Mizan.

  • Turmudi, E. (ed). 2005. Islam dan Radikalisme di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.