Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Metode sejarah dalam kajian radikalisme dan toleransi; radikalisme dalam sejarah Indonesia mulai masa Hindu-Budha, Islam, kolonial, dan kemerdekaan; nilai-nilai toleransi berbasis kearifan lokal dalam sejarah Indonesia; relevansi nilai-nilai toleransi berbasis kearifan lokal dalam kehidupan kini dan masa depan; kehidupan keberagaman masyarakat Indonesia masa Hindu-Budha, Islam, kolonial, dan kemerdekaan.
Capaian Pembelajaran
Mampu menggunakan metode sejarah dalam kajian radikalisme di Indonesia dari masa ke masa secara teliti, jujur, kritis, dan kreatif.
Mampu menggunakan metode sejarah dalam kajian toleransi di Indonesia dari masa ke masa secara teliti, jujur, kritis, dan kreatif.
Mampu menganalisis konsep-konsep toleransi berbasis kearifan lokal dalam sejarah Indonesia sebagai bentuk pemahaman terhadap realitas masa lalu, masa kini, dan masa depan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.
Arif, S. 2010. Deradikalisasi Islam; Paradigma dan Strategi Islam Kultural. Depok: Koekoesan.
Ule.S. 2015. Melakukan Teologi di bad Plural. Yogyakarta: Ledalero
Philips, G. 2016. Melampui Pluralisme. Malang: Madani.
As-Sirjani. R. 2015. The Harmony of Humanity. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
Budiman, A. 2006. Teori Negara: Negara, Kekuasaan, dan Ideologi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Engineer, A.A. 2004. Liberasi Teologi Islam: Membangun Teologi Damai dalam Islam.Yogyakarta: Alinea.
Hendropriyono, A.M. 2009. Terorisme Fundamentalis Kristen, Yahudi, Islam. Jakarta: Kompas.
Mubarak, M.Z. 2008. Geneologi Islam Radikal di Indonesi. Jakarta: LP3ES.
Sallomi, M.A. 2015. Perang Global Melawan Terorisme dan Tragedi Kemanusiaan. Depok: Lentera Press.
Shihab, A. 1999. Islam Inklusif. Bandung: Mizan.
Turmudi, E. (ed). 2005. Islam dan Radikalisme di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.
- Pengajar: dewa agung