Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A1B-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi kajian tentang konsep-konsep dasar bimbingan dan konseling belajar, meliputi pengertian, tujuan, fungsi dan landasan penyelenggaraan bimbingan dan konseling belajar; pendekatan dan strategi layanan bimbingan belajar; kajian tentang materi-materi dalam bimbingan belajar meliputi potensi diri dalam aspek belajar, sikap dan kebiasaan belajar yang positif, motivasi berprestasi sepanjang hayat, keterampilan-keterampilan belajar yang efektif, perencanaan pendidikan lanjut, persiapan menghadapi ujian. Materi juga berisi Latihan keterampilan dalam menganalisis hambatan-hambatan dalam belajar dan factor penyebabnya, mengembangkan program bimbingan belajar yang bersifat preventif &developmental serta mendiagnosa kesulitan belajar dan bantuan pemecahannya.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar bimbingan dan konseling belajar, gaya belajar, keterampilan belajar yang mendukung keberhasilan akademik, kesulitan belajar, dan jenis-jenis kesulitan belajar (kesulitan belajar umum, kesulitan memproses informasi, ADHD, kesulitan belajar secara khusus).
  • Menguasai cara-cara mengidentifikasi gaya belajar dan faktor-faktor kesulitan belajar, berlatih mengidentifikasi gaya belajar, kesulitan belajar, menelaah kasus kesulitan belajar yang terjadi di berbagai setting pendidikan yang melibatkan orangtua dan guru dan merancang intervensi konseli yang mengalami kesulitan belajar.
  • Mampu mengembangkan program bimbingan dan konseling belajar baik untuk tujuan preventif, kuratif maupun developmental sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, dan jenis kesulitan yang dialami konseli.
Daftar Pustaka:
  • Gredler, M. E. 1992. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company.
  • Gysbers, N.C. & Henderson, P. 2006. Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program. Alexandria, VA: American Counseling Association.
  • Kartadinata, S., Ahman, Sugandhi, N.M. 1999.Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud, Ditjen Dikti, Proyek PGSD.
  • Myrick, R.D. 2003. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach. Minneapolis, MN: Educational Media Corporation.
  • Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Westwood, P. 2004. Learning and Learning Difficulties: A handbook for teachers. Camberwell, Victoria: ACER Press
  • Woolfolk, A.E. 1993. Educational Psychology. Boston: Allyn & Bacon.
  • Yusuf, S. LN. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: RIZQI PRESS.