Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Apa, mengapa, bagaimana kurikulum; kajian tentang tujuan, konten, penelitian, manfaat pendidikan biologi Abad 21; hubungan antara Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian dalam kurikulum pendidikan biologi di sekolah (Kurikulum 2013); pendekatan/strategi/metode dan model pembelajaran biologi di sekolah yang sesuai dengan arah kebijakan pemerintah Indonesia dan pendidikan Abad 21; KKNI dan SNDIKTI sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia; konsep kurikulum dengan memadukan pendekatan kapabilitas, belajar berbasis kehidupan dan trandisipliner di Universitas Negeri Malang (UM); kajian tentang asesmen/penilaian pembelajaran biologi yang mendidik, autentik, dan berkelanjutan di sekolah; kajian tentang pendekatan/strategi/model dalam pembelajaran biologi untuk pembelajaran Abad 21 di sekolah; kajian tentang kurikulum berbasis capaian pembelajaran (outcome-based education) dalam pembelajaran biologi untuk pembelajaran Abad 21 di PT; Pengembangan kurikulum instruksional dalam pembelajaran biologi SMA/SMK; Pengembangan kurikulum formal program sarjana biologi dan/atau sarjana pendidikan biologi berbasis capaian pembelajaran (outcome-based education), KKNI dan SNDIKTI; pengembangan rancangan dan perangkat matakuliah dalam bentuk silabus atau Rencana Perkuliahan Semester dan Satuan Acara perkuliahan (SAP).
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan desain kurikulum pendidikan dan pembelajaran biologi (formal dan instruksional) yang sesuai dengan tuntutan pendidikan abad 21 serta kondisi dan potensi nasional dan daerah pada level pendidikan dasar, menengag dan tinggi.
Daftar Pustaka:
  • Michael Hanna. 2019. How to Write Better Medical Papers. New York: Springer International Publishing
  • Robert B. Taylor. 2018. Medical Writing: A Guide for Clinicians, Educators, and Researchers. Third Edition. Oregon, USA: Springer International Publishing
  • Parija, S. C and Kate, V. 2017. Writing and Publishing a Scientific Research Paper. Singapore: Springer International Publishing