Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
Q-Q
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yanq relavan dalam proses pengambilan keputusan konsumen secara terpadu dalam strategi pemasaran. Berbagai pendekatan multidisiplin dikembangkan: psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian mulai dari faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan kelompok rujukan. Sedangkan dari faktor internal akan dibahas faktor sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami apa itu perilaku konsumen, bagaimana memasarkan pada konsumen, dan pemanfaatan teknologi dalam memahami konsumen
  • Memahami konsumen sebagai seorang individu, bagaimana kepribadian, motivasi, persepsi, serta pembentukan dan pengubahan sikap konsumen
  • Memahami bagaimana berkomunikasi dengan berbagai jenis tipe konsumen.
  • Memahami konsumen dalam lingkungan sosial dan budayanya
  • Memahami pengambilan keputusan konsumen, dan riset konsumen.
Daftar Pustaka:
  • Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. 2015. Consumer Behavior, 11th Edition. Essex: Pearson Education Solomon, M.R. 2018. Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Essex: Pearson Education Jurnal Nasional dan Internasional Kredibel (Journal of Consumer Research, Journal of Consumer Marketing, The Journal of Indonesian Economy and Business, dll)