Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B9-AUD
Deskripsi:

Memahami tentang konsep perkembangan social emosional anak usia dini, karakteristik perkembangan emosional anak usia dini, menganalisis keterkaitan antara perkembangan social emosional pada anak dengan aspek perkembangan yang lain (fisik, kognitif, bahasa, moral) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan social emosional anak usia dini, menganalisis perkembangan serta permasalahan perkembangan social emosional anak usia dini,memahami pembelajaran studi sosial pada anak usia dini,merancang pembelajaran tentang studi sosial, merancang stimulasi perkembangan social emosional anak usia dini, merancang asesmen perkembangan social emosional anak usia dini


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai dasar-dasar teori perkembangan sosial emosional

  • Menguasai tahapan perkembangan sosial emosional anak usia dini

  • Menguasai berbagai permasalahan perkembangan sosial emosional anak usia dini

  • Terampil melakukan intervensi terhadap permasalahan anak usia dini

  • Terampil mengembangkan pembelajaran bagi anak untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini

  • Terampil mengembangkan pembelajaran studi sosial bagi anak usia dini

  • Terampil mengembangkan alat asesmen perkembangan anak usia dini

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • Goleman, D., 2004. Emotional Intelegences. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

  • Santrock, John W. 2012. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

  • Berk, Laura E. 2012. Development Through The Lifespan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

  • Schunk, D.H., 2012. Learning Theories: An Educational Perspective 6th ed. New York: Pearson. (58-61;138-155)