Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A20-MPD
Deskripsi:
Mengkaji dan menganalisis sistem penyelenggaraan PAUD dan pendidikan dasar (SD dan SMP atau yang sederajat), dengan fokus pada fungsi sekolah, peran administrator dan guru ber-dasarkan struktur yang ada dalam rangka perbaikan dan operasi program pendidikan, serta meninjau secara kritis berbagai kemungkinan desain penyelenggaraan sekolah untuk mewujudkan lingkungan dan iklim pembelajaran yang sesuai bagi murid pada jenjang pendidikan tersebut.
Capaian Pembelajaran
  • Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan bidang kajian manajemen PAUD dan pendidikan dasar melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional, dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, serta menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora pada bidang kajian manajemen PAUD dan pendidikan dasar
  • Terampil dalam mengkaji melalui kegiatan riset dan/atau pengembangan pada bidang kajian manajemen PAUD dan pendidikan dasar berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk artikel ilmiah, dan mempublikasikannya pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 3 dan/atau jurnal bereputasi internasional
Daftar Pustaka:
  • Andreas Schleicher. (2018). The Future of Education and Skills: Education 2030. In OECD Education Working Papers. https://doi.org/10.1111/j.1440-1827.2012.02814.x
  • Angrist, J. D., Cohodes, S. R., Dynarski, S. M., Pathak, P. A., & Walters, C. R. (2016). Stand and deliver: Effects of Boston’s charter high schools on college preparation, entry, and choice. Journal of Labor Economics, 34(2), 275–318
  • Chen, Y., & Kesten, O. (2017). Chinese college admissions and school choice reforms: A theoretical analysis. Journal of Political Economy, 125(1), 99–139
  • Dewi, & Septiana, R. (2018). Evaluation of Zoning Student Recruitment System in Year 2018. Proceeding International Seminar on Education.
  • Futesena, A. D., Sumarsono, R. B., Wiyono, B. B, & Supriyanto, A. 2019. Analysis of factors that From Teacher’s Discipline Behavior in Public Junior High School. Advances in Social, Education and Humanities Research, Volume 382.