Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A20-MPD
Deskripsi:
Matakuliah ini membahahas seluk beluk Kepengawasan Pendidikan, mulai dari konsruk, prinsip, langkah, teknik, jenis-jenis, dan substansinya (manajerial, administratif, dan akademik). Selain itu, matakuliah ini juga berisi tentang peran-peran pengawas Pendidikan, sebagai: alat manajemen, penyelia, supervisor, penjamin mutu Pendidikan. Penyusunan instrumen pengawasan beserta implementasi dan persekorannya juga dikaji dalam matakuliah ini
Capaian Pembelajaran
  • Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kajian kekepalasekolahan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional, dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, serta menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora pada bidang kajian kekepalasekolahan.
  • Terampil dalam mengkaji melalui kegiatan riset dan/atau pengembangan pada bidang kajian kekepalasekolahan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk artikel ilmiah, dan mempublikasikannya pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 3 dan/atau jurnal bereputasi internasional
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Abbas, D., & Tan, C. 2020. Transformational islamic leadership: a case study from singapore. In global perspectives on teaching and learning paths in islamic education. (pp.76-91). IGI Global
  • Elenkov, D. S., & Manev, I. M. 2005. Top management leadership and influence on innovation: The role of sociocultural context. Journal of Management, 31, 381–402
  • Al-Husseini, S., El Beltagi, I., & Moizer, J. 2019. Transformational leadership and innovation: The mediating role of knowledge sharing amongst higher education faculty. International Journal of Leadership in Education, 1-24
  • Avolio, B. J., Walumbwa, F. O., & Weber, T. J. 2009. Leadership: Current theories, research, and future directions. Annual Review of Psychology, 60(1), 421–449
  • Avolio, B. J., Sosik, J. J., Kahai, S. S., & Baker, B. 2014. E-leadership: Re-examining transforma- tions in leadership source and transmission. The Leadership Quarterly, 25, 105–131
  • Bass Bernard, M. 1985. Leadership and Performance beyond Expectation. Macmillian, New York, NY
  • Bass, B. M., & Riggio, R. E. 2006. Transformational Leadership (2nd ed.). NJ: Erlbaum
  • Bush, T. (2007). Educational leadership and management: Theory, policy and practice. South African Journal of Education, 27(3), 391–406
  • Detert, J. R., & Burris, E. R. 2007. Leadership behavior and employee voice: Is the door really open?. Academy of Management Journal, 50, 869–884
  • Doci, E., & Hofmans, J.2015. Task complexity and transformational leadership: The mediating role of leaders’ state core self-evaluations. The Leadership Quarterly, 26(3), 436–447