Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Batasan pesisir berdasarkan ruang, dan ekologi, Zonasi pesisir, Kebijakan dalam pengelolaan kawasan pesisir, dalam skala nasional, regional dan daerah (UU, Perpres, Permen, Pergub dan Perda) aturan lokal dan kearifan lokal, serta implementasinya. Tipologi pantai berbasis ruang, Pemanfaatan sumberdaya pesisir untuk kegiatan ekonomi, Analisis kerentanan ekosistem, Pencemaran kawasan peisir, Ekosistem mangrove dan padang lamun serta terumbu karang dengan permasalahannya. Membangun partsipasi masyarakat dalam kegiatan konservasi ekosistem pesisir melalui pendidikan non formal, Obsernasi lapang kunjungan ke sekolah formal di kawasan pesisir, dan aktivitas ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sumberaday pesisir (aquakultur mono maupun polykultur). Model pengelolaan tambak sebagai artifisial ekosistem.. Menyusun model pembelajaran bagi sekolah sekolah dikawasan pesisir dengan memanfaatakan sumberdaya pesisir sebagai media belajar. Kunjungan ke area wisata bahari, menyusun model wisata pendidikan berbasis bahari, Menyusun tulisan ilmiah terkait tentang pendidikan dikawasan pesisir untuk artikel ilmiah.
Capaian Pembelajaran
  • Memahani ruang lingkup kajian kawasan pesisir, beserta permasalahan ekologis, sosial budaya dan arah pengembangan sumberdya pesisir sebagai sebagai penompang pembangunan berkelanjutan.
  • Memahami kebijakan dalam pengembangan kawasan pesisir secara nasional, regional dan daerah, serta kearifan lokal yang potensial untuk membangun partisipasi masyarakat dalam medukung implementasi kebijakan
  • Memahami tipologi pesisir beserta aspek sosial budaya yang berkembang, dalam pemanfaatan sumberdaya pesisir untuk peningkatan ekonomi masyarakat
  • Memahami pilar penyangga ekosistem pesisir (mangrove, padang lamun dan terumbu karang), permasalahan dan upaya konservasinya dengan pendekatan pendidikan formal dan non formal
  • Mengembangkan desain pembelajaran dengan memanfaatkan sumberdya daya pesisir sebagai media belajar (membangun model wisata pendidikan berbasis kebaharian);
  • Menganalisis permasalahan pendidikan formal dan non formal di kawasan pesisir, dengan cara observasi riil atau kajian kasuistik serta menyusun hasil analisis sebagai bahan kajian pendahuluan, atau artikel untuk publikasi ilmiah
Daftar Pustaka:
  • Aeby, G.S., Williams, G.J., Franklin, E.C., Kenyon, J., Cox, E.F., Coles, S and TM Work. 2011. Patterns of Coral Disease Across the Hawaiian Archipelago: Relating Disease to Environment. PloS ONE 6(5):e20307.
  • Apridar, Muhamad Karim, & Suhana, (2011). Ekonomi Kelautan dan Pesisir (1st ed.). Yogyakarta.Retrieved from http://opac.perpusnas.go.id
  • Anna E.W., 2009. Coral Reef Rehabilitation and Management Program Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia COREMAP II-LIPI Jakarta.