Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Menjelaskan ragam sumber dan media belajar serta pemanfaatannya dalam proses pembelajaran.Menganalisis ragam sumber dan media belajar yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran sosiologi.Mencoba mengakses dan mengumpulkan informasi ragam sumber pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran sosiologi.Mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran sosiologi.Mengedepankan kreativitas serta tanggung jawab untuk mengembangkan media belajar sosilogi yang efisien, inovatif, dan menyenangkan.Mampu mengembangkan rasa tanggungjawab, jujur, dan kerja sama yang baik dalam mengembangkan sumber dan mediapembelajaran.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat mengidentifikasi ragam sumber dan media belajar yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran sosiologi tingkat menengah atas. (Unsur Kognitif)

  • Mahasiswa dapat mengkreasi media pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman, karakteristik peserta didik, dan potensi lingkungan sekitarnya. (Unsur Keterampilan)

  • Mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas serta sikap tanggungjawab, jujur, dan kerja sama sebagai bekal agen perubahan masa depan. (Unsur Sikap)

Daftar Pustaka:
  • Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

  • Heinich ,Robert, Michael Molenda, James D. Russell, dan Sharon E. Smaldino. 2001. Instructional Media and Technologies for Learning (7th Edition).Prentice Hall.

  • Kadaruddin. 2016. Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Deepublish: Yogyakarta.

  • Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

  • Smaldino, Sharon E., Russel, Deborah L. Lowther, Clif Mims, dan James D. Russel. 2012. Instructional Technology and Media For Learning. USA: Pearson.

  • Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.