Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Menjelaskan ragam sumber dan media belajar
serta pemanfaatannya dalam proses pembelajaran.Menganalisis ragam sumber dan
media belajar yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran
sosiologi.Mencoba mengakses dan mengumpulkan informasi ragam sumber
pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran sosiologi.Mengembangkan media
pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran
sosiologi.Mengedepankan kreativitas serta tanggung jawab untuk mengembangkan
media belajar sosilogi yang efisien, inovatif, dan menyenangkan.Mampu
mengembangkan rasa tanggungjawab, jujur, dan kerja sama yang baik dalam
mengembangkan sumber dan mediapembelajaran.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat mengidentifikasi ragam sumber dan media belajar yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran sosiologi tingkat menengah atas. (Unsur Kognitif)
Mahasiswa dapat mengkreasi media pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman, karakteristik peserta didik, dan potensi lingkungan sekitarnya. (Unsur Keterampilan)
Mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas serta sikap tanggungjawab, jujur, dan kerja sama sebagai bekal agen perubahan masa depan. (Unsur Sikap)
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Heinich ,Robert, Michael Molenda, James D. Russell, dan Sharon E. Smaldino. 2001. Instructional Media and Technologies for Learning (7th Edition).Prentice Hall.
Kadaruddin. 2016. Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Deepublish: Yogyakarta.
Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Smaldino, Sharon E., Russel, Deborah L. Lowther, Clif Mims, dan James D. Russel. 2012. Instructional Technology and Media For Learning. USA: Pearson.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
- Teacher: Alan Sigit Fibrianto