Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A9-AP
Deskripsi:

Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks proses perencanaan, sistem tata kelola, supervisi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dalam bidang pendidikan. Materi kuliah memuat hakikat, pengertian, metode analiisis data kualitatif, dan macam-macam analisis data kualitatif.


Capaian Pembelajaran
  • 1.     Menguasai cara penggunaaan berbagai teknik pengumpulan data kualitatif

    2.     Menguasai teknik pengolahan data kualitatif.

    3.     Menguasai teknik analisis data melalui proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan akan dipelajari, serta membuat kesimpulan, sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. 

Daftar Pustaka:
  • Creswell, John W., Poth, Cheryl N. 2017. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.

    Fisher, Mike. 2017. Qualitative Computing: Using Software for Qualitative Data Analysis. London: Routledge Taylor & Francis.

    Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

    Onwuegbuzie, A. J., & Weinbaum, R. K. 2017. A Framework for Using Qualitative Comparative Analysis for the Review of the Literature. The Qualitative Report. 22(2), 359-372.

    Ulfatin, N. 2014. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Teori dan Aplikasinya. Cetakan ke 2. Malang: Bayumedia Publishing.

    Yin, R.K. 2006. Studi Kasus: Desain dan Metode. Terjemahan oleh Djauzi Mudzakir. Jakarta: Raja Grafindo Persada.