Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Memahami pengertian kreativitas sebagai proses dan produk spesifik budaya, serta kontribusi kreativitas terhadap pengembangan seni, ilmu, dan teknologi; mengkaji cara-cara pemecahan masalah menurut pendekatan kreatif; serta mengembangkan gagasan dan produk seni rupa baru yang inovatif dalam memecahkan masalah di masyarakat menurut pendekatan kreatif.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis kreativitas sebagai proses dan produk spesifik budaya
  • Mampu menganalisis kontribusi kreativitas terhadap pengembangan seni, ilmu, dan teknologi.
  • Mampu menganalisis cara-cara pemecahan masalah menurut pendekatan kreatif;
  • Mampu mengembangkan gagasan dan produk seni rupa yang inovatif dalam memecahkan masalah di masyarakat menurut pendekatan kreatif.
Daftar Pustaka:
  • Abrar, Ayesha. - . Entrepreneurial Learning as Experiential and Social Learning Process: A Case of Female Entrepreneurs in Creative Industry. Southend-on-Sea SS1 1LW: University of Essex.
  • Nugroho, Riant. 2015. Membangun Entrepreneur Indonesia. Jakarta: Elex Media Komputindo
  • Pranata, Moeljadi. 2011. Spektrum Kreativitas. Malang: Pustaka Kaiswaran.
  • Arjanti, Restituta Ajeng & Reney Lendy Mosal. 2012. Startup, Indonesia: Inspirasi & Pelajaran dari Para Pendiri Bisnia Digitasl. Jakarta: Kompas
  • Casson, Mark. 2012. Entrepreneurship. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  • Ghazali, Achmad, dkk. 2015. Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Desain Nasional 2015-2019. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Hery. 2017. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Grasindo
  • Kuswara, Heri. 2017. Smart Strategies to be A Young Entrepreneur. Yogyakarta: Aa-Ruzz Media.
  • Moelyono, Mauled. 2010. Menggerakkan Ekonomi Kreatif Anata Tuntutan dan Kebutuhan. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Muhadjir, Moeng. 2003. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Prilaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Reke Sarasin.
  • Nugraha, Heru. 2004. Menumbuhkan Ide-Ide Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.