Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A3A-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, prinsip, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan filsafat manajemen pendidikan yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; dan (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang filsafat manajemen pendidikan. Matakuliah ini memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang filsafat manajemen pendidikan. Didalamnya membahas hakikat filsafat, aliran-aliran dalam filsafat, metode pembahasan filsafat, logika/pikir Menguasai hakikat filsafat manajemen pendidikan, obyek dan aliran filsafat manajemen pendidikan, dan perkembangan ilmu manajemen pendidikan; hakekat ilmu dan epistemologi pendidikan; dasar ilmu dan tinjauan filosofis proses dan substansi manajemen pendidikan; dan dasar ilmu dan tinjauan filosofis kepemimpinan pendidikan, decision making, dan public relation; dan implementasi pandangan filosofis dalam manajemen pendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • 04.1 Menguasai hakikat filsafat, aliran-aliran dalam filsafat, metode pembahasan filsafat, logika/pikir dan filsafat, positivisme, instrumentalisme, epistimologi evolusioner, ilmu, holisme, individualisme, dan obyektivisme.
  • 04.2 Terampil meganalisis dasar-dasar ilmu, tinjauan filosofis manajemen pendidikan, manajemen sebagai proses dan substansi, manajemen sebagai proses kausalitas, dan implementasi pandangan filosofis dalam manajemen pendidikan.
  • 04.3 Merefleksi dan mengabtraksi aktivitas mind dan action filosofis dalam aplikasi fungsi-fungsi manajemen pendidikan.
  • UJIAN
Daftar Pustaka:
  • Lone, Jana Mohr. 2012. Philosophy and Education. Roberta Israeloff, editors - Cambridge: Cambridge Scholars Publishing.
  • Suriasumantri, J.S. 1995. Ilmu Dalam Perpektif. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
  • Beck, Lynn G. 1994. Reclaiming Educational Administration as a Caring Profession Critical issues in Educational Leadership Series. Amsterdam: Teachers College Press.
  • Noddings, N. 2015. Philosophy of Education. UK: Hachette
  • Sahertian, P.A. 1988. Asas-Asas Pokok Pemikiran Filsafat. Malang: FIP IKIP MALANG
  • Siagian, Sondang P. 2009. Filsafat Administrasi. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara