Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A20-MPD
Deskripsi:
Melakukan kajian mengenai berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pembelajaran, mencakup sejarah, prinsip, sifat, fungsi dan peranan supervisi, ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektivan pelaksanaan program supervisi pembelajaran juga dibahas. Mataluliah ini juga mengkaji penjaminan mutu Pendidikan baik prosesnya maupun substansinya, termasuk juga metode dan teknik penjaminan mutu Pendidikan baik internal maupun eksternal.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memberikan penjelasan dan argumentasi dalam diskursus supervisi pembelajaran, mulai dari sejarah, prinsip, sifat, fungsi dan peranan supervisi, termasuk pandangan, model dan pendekatan yang dikembangkan
  • Mampu menerapkan analisis pandangan, teori, model dan pendekatan supervisi pembelajaran berdasarkan kategori guru dan tenaga kependidikan yang disupervisi yang mengerucut pada penjaminan mutu Pendidikan
  • Mampu mengembangkan berbagai rancangan program dan evaluasi supervisi pembelajaran dan penjaminan mutu Pendidikan
  • Mempunyai sikap positif terhadap supervisi pembelajaran sebagai salah satu instrumen untuk meningkatkan penjaminan mutu Pendidikan
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Arcaro, S. J. 2014. Quality in Education: an Implementation Handbook. New York: Macmillan
  • Dawson, P. dan Palmer, G. 1995. Quality Management: The Theory and Practice of Implementing Change. Melbourne: Longman
  • Akagwu, R. R. (2012). Quality Assurance: An Instrument For Achieving Qualitative And Functional Education Objectives Of Vision 2020-20 in Nigeria. Ankpa, Roma Communications
  • Alfonso, R. J. 1981. Instructional Supervision. New York: Macmillan
  • Anane, G. K., & Addaney, M. (2016). Managing Quality Assurance in Higher Education: The Case of the University of Energy and Natural Resources, Ghana. Journal of Education and Practice, 7(22), 41–46. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1112941&site=ehost-live&scope=site
  • Bafadal, I. 2006. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 1(2), 39-49
  • Cohen, A. 2003. Multiple Commitments in the Workplace: An Integrative Approach. Mahwah, NJ: Erlbaum
  • Coladarci, T. 1992. Teachers’ Sense of Efficacy and Commitment to Teaching. The Journal of Experimental Education, 60(4), 323-337
  • Crosswell, L. 2006. Understanding Teacher Commitment in Times of Change. Doctoral Thesis
  • Crosswell, L., dan Elliott, B. 2004. Committed Teachers, Passionate Teachers: The Dimension of Passion Associated with Teacher Commitment and Engagement, (Online), (https://eprints.qut.edu.au/968/1/cro04237.pdf), diakses 2 Juli 2016