Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
BB-BB
Deskripsi:
Dasar-dasar pengajaran mikro; dasar-dasar lesson study (plan, do, see); ketarampilan dasar mengajar dalam pembelajaran sejarah yang meliputi: membuka dan menutup pembelajaran; bertanya tingkat dasar dan lanjut; menjelaskan informasi secara sistematik dan menarik; memberikan penguatan dalam pembelajaran; menggunakan alat dan media pembelajaran; membimbing diskusi kelompok kecil; mengelola kelas; menggunakan bahasa (verbal dan non verbal) penampilan, gerak, dan waktu selang dalam pembelajaran; mengadakan variasi dalam pembelajaran; melakukan evaluasi dalam pembelajaran sejarah.
Capaian Pembelajaran
Memiliki kemampuan komperhensif tentang strategi dan keterampilan pedagogik.
Mampu menguraikan ketarampilan dasar mengajar dalam pembelajaran sejarah secara inovatif dan kontekstual.
Mampu mengidentifikasi dasar-dasar pengajaran mikro dan lesson study untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sejarah yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter.
Mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar mengajar secara terisolasi dalam kerangka peer teaching dan secara terintegrasi dalam kerangka lesson study.
Mampu melakukan refleksi atas kegiatan praktik keterampilan dasar mengajar yang telah dilaksanakan baik secara terisolasi maupun terintegrasi.
Abimanyu, S. 1984. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran: Panduan Pengajaran Mikro No. 5. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suwarno, dkk. 2006. Pengajaran Mikro: Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana
Arends, R.I. 2008..Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chatib, M. 2013. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.
Derek Bok Center for Teaching and Learning. 2016. What is Microteaching? Cambridge: Derek Bok Center for Teaching and Learning. Retrieved from http://bokcenter.harvard.edu/what-microteaching
Garvey, B. & Krug, M. 2015. Model-model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Ombak.
Helmiati. 2014. Microteaching: Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja.
Iksan, Z.H., Zakaria, E. dan Daud, M.Y. 2014. “Model of Lesson Study Approach During Microteaching”. International Education Studies. Vol. 7 No. 13, 253-260.
Molina, R. 2012. “Microteaching Lesson Study: Mentor Interaction Structure and its Relation to Elementary Preservice Mathematics Teacher Knowledge Development" (2012). FIU Electronic Theses and Dissertations. Paper 616.
Sato, M. 2013. Mereformasi Sekolah: Konsep dan Praktik Komunitas Belajar. Jakarta: Pelita.
- Teacher: Kasimanuddin Ismain