Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
Q-Q
Deskripsi:
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang seluk beluk Bisnis Internasional secara teoritis dan praktis, serta dampak yang dapat ditimbulkannnya. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian; ruang lingkup bisnis internasional, teori perdagangan internasional, ekspor-impor, kebijaksanaan perdagangan internasional, pembayaran internasional, lembaga ekonomi internasional, pengaruh ekonomi dan sosioekonomi, fisik dan lingkungan, politik dan hukum, budaya, tenaga kerja dalam bisnis internasional, serta memasarkan secara internasional.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang bisnis bisnis internasional.
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam mengaplikasikan bisnis internasional.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan strategis dalam bisnis internasional.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan mengatasi permasalahan dalam Bisnis internasional.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan dalam menggali, memahami, dan mendayagunakan nilai-nilai lokal dalam praktik bisnis internasional.
Daftar Pustaka:
  • Ahsjar, D. 2007. Pedoman Transaksi Ekspor & Impor. Jakarta: Prestasi Pustaka
  • Tambunan, T. 2001. Perdagangan Internasional dan Neraca Pembayaran. Jakarta: LP3ES
  • Tanjung, M. 2011. Aspek dan Prosedur Ekspor-Impor. Jakarta: Salemba Empat
  • Amir. 2004. Seluk Beluk dan Teknik Perdagangan Luar Negeri. Jakarta: PPM
  • Anindita, R & Reed, M.R. 2008. Bisnis dan Perdagangan Internasional. Yogyakarta: Andi
  • Ball, Donald A. McCulloch H. Wendell. 2000. Bisnis Internasional. Buku 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat
  • Ball, Donald A. McCulloch H. Wendell. 2002. International Business, The Challenge of Global Competition. Eighth Edition. USA: McGraw-Hill
  • Daniel, John D. Et al. 2004. International Business, Enviroments and Operation. Tenth Edition. USA: Prentice Hall
  • Halwani, H. 2005. Ekonomi Internasional & Globalisasi Ekonomi. Bogor: Ghalia Indonesia
  • Hidayat, R. 2013. Bisnis Internasional. Gorontalo: UNG Press.
  • Mitchell, C. 2001. Memahami Budaya Bisnis Internasional. Jakarta: PPM