Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
Q-Q
Deskripsi:
Komunikasi pemasaran adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana di mana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Target kompetensi mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki kemampuan menyerap pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam menganalisis dan mengindentifikasikan metode yang paling tepat dan efektif dalam berkomunikasi dan membangun hubungan dengan konsumen mereka, begitu juga para pemegang kepentingan lain seperti pegawai, pemasok, investor, kelompok kepentingan dan publik pada umumnya, serta mahasiswa mampu mengintegrasikan semua unsur promotional mix dimana tidak ada satu unsurpun yang terpisah dalam mencapai tujuan pemasaran yang efektif
Capaian Pembelajaran
  • Mengidentifikasi konsep dasar komunikasi, pemasaran dan komunikasi pemasaran secara integratif Mampu menggunakan konsep statistic sebagai alat analisis kebijakan risiko perusahaan bisnis.
  • Memahami model, konsep, fungsi, komunikasi pemasaran terintegrasi (Integrated Marketing Communication).
  • Mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif dan mendapatkan wawasan mengenai masa depan komunikasi pemasaran
  • Menganalisis dampak teknologi informasi modern terhadap komunikasi pemasaran
Daftar Pustaka:
  • Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu (dalam periklanan dan promosi), Edisi 8. Salemba Empat, Jakarta.
  • Hermawan, Agus. 2013. Komunikasi Pemasaran. Erlangga: Jakarta
  • Kartajaya, Hermawan 2004. On Positioning, Seri 9 Elemen Marketing, PT. Mizan Pustaka, Jakarta
  • Priansa, Donni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu (pada era media sosial). Pustaka setia. Bandung
  • Chris Fill and Sarah Louise Turnbull. 2016. Marketing communications: brands, experiences and participation. / 7th ed. London : Pearson, 2016. 760 p.
  • Trivedi, Elizabeth, and Gardener Minakshi. May-June 1998 "A Communications Framework to Evaluate Sales Promotion Strategies." Journal of Advertising Research, May-June 1998
  • Philip Kotler. 2007. Reinventing Marketing to Manage the Environmental Imperative. Journal of Marketing Vol. 75 (July 2011), 132–135
  • Trusov, Michael, Randolph E. Bucklin, and Koen Pauwels .2009, Effects of Word-of-Mouth Versus Traditional Marketing: Findings from an Internet Social Networking Site, Journal of Marketing, 73, 5, 90–102