Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
UNP-UNP
Deskripsi:
Perkembangan, tujuan, bentuk dan isi pendidikan masa Pra Peradaban, Cina Kuno, India Kuno, Persia Kuno, Eropa Abad Pertengahan; perke mbangan, tujuan, bentuk dan isi pendidikan masa kuno sampai kontemporer di Indonesia; pemikiran pendidikan berpengaruh masa kuno sampai kontemporer.
Capaian Pembelajaran
Mampu menguasai materi kajian pendidikan dalam sejarah yang bermuatan pendidikan karakter secara kritis, adaptif dan kontekstual sejak masa kuno sampai kontemporer.
Mampu menganalisis dinamika pendidikan dalam sejarah sebagai pesan pembelajaran disertai dengan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan informasi sejarah.
Mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan nilai akademik pada bidang kajian pendidikan dalam sejarah melalui karya ilmiah.
Agung S, Leo dan T.Suparman. 2012. Sejarah Pendidikan. Yogyakarta : Ombak
Rifai, Muhammad.2010. Sejarah Pendidikan Nasional. Dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.
Said, Muhammad. 1981. Pendidikan Abad Keduapuluh dengan Latar belakang Kebudayaan. Jakarta : Mutiara.
Soyomukti, Nurani. 2010. Teori-Teori Pendidikan. Tradisional, (Neo)Liberal, Marxis-Sosialis, Posmodern. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.
Zuharini, et. al. 1997. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmadi, Abu. 1975. Sejarah Pendidikan. Semarang: Toha Putra.
Dewantara, Ki Hadjar. 2009. Karya Ki Hadjar Dewantara. Bag. 1. Pendidikan. Yogyakarta: MLPTS.
Djumhur, I dan H. Danasuparta. 1976. Sejarah Pendidikan. Bandung: Ilmu
Dhofier, Zamakhsari. 1984. Tradisi Pesantren. Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES
Kurniawan, Syamsul.2009. Pendidikan di Mata Soekarno. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.
Nasution, S. 1983. Sejarah Pendidikan Indonesia. Bandung: Jemmars.
Nizar, Samsul (ed.). 2007. Sejarah Pendidikan Islam, Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana.
Rafik, Abdul dan Mohammad Amin. 1983. Sejarah Pendidikan di Indonesia. Surabaya: Express.
- Teacher: WAHYU DJOKO SULISTYO