Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
AB-BK
Deskripsi:
Mempelajari karakteristik, prinsip, prosedur, dan tahap umum penelitian dan pengembangan. Mahasiswa ditugaskan mengkaji hasil penelitian dan pengembangan baik berupa tesis, disertasi serta artikel jurnal yang menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Berdasarkan penugasan tersebut diharapkan mahasiswa mampu menyususn proposal tesis dengan metode penelitian & pengembangan dan terampil menerapkan prosedur penelitian & pengembangan. Selanjut mampu mengaplikasikan metode penelitian & pengembangan dalam penyusunan tesis.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan penelitian & pengembangan
  • Mahasiswa mampu menggunakan konsep, prinsip, dan prosedur penelitian yang telah dimiliki dalam membaca serta memahami isi laporan penelitian BK
  • Mahasiswa mampu menganalisis laporan penelitian & pengembangan bidang BK
  • Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep, prinsip, dan prosedur penelitian yang telah dimiliki dalam menyusun usulan penelitian & pengembangan bidang BK
Daftar Pustaka:
  • Borg, W.R. & Galll, M.D. 1983. Educational research: An introduction, Fourth edition. New York: Longman.
  • Dwiyogo, W.D. 2010. Penelitian Keolahragaan. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang
  • Gay, L.R. 1990. Educational Research: Competencies Analysis and Application. 3rd ed. Singapore: Macmillan Publishing Company.
  • Richey,R.C.,and Klein, James D.2007 Design Development and Research Methods Strategies,and Issuees. London. Lawrence Erlbaum Associates Publishers
  • Sugioyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung Alfabeta.