Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Ruang lingkup kajian sejarah keluarga dan kepribadian di Nusantara; metodologi dan historiografi sejarah keluarga; genealogi; relasi gender dalam keluarga dari masa ke masa; kedudukan dan interaksi anggota keluarga dari masa ke masa; proses pembentukan kepribadian dalam keluarga dari masa ke masa; keluarga dalam arus globalisasi.
Capaian Pembelajaran
Mampu menganalisis ruang lingkup kajian keluarga dan kepribadian dalam sejarah di Nusantara.
Mampu menelaah genealogi, relasi gender dalam keluarga, kedudukan dan interaksi anggota keluarga, pembentukan kepribadian dalam keluarga di Nusantara dari masa ke masa serta mempresentasikannya.
Mampu menyusun historiografi keluarga di Nusantara secara teliti dan jujur dengan memanfaatkan metodologi sejarah.
Mampu merefleksikan kajian keluarga dan kepribadian di Nusantara untuk memahami realitas keluarga di arus globalisasi.
Boss,P., Doherty, W.J., LaRossa, R., Schumm, W.R., & Steinmetz, S.K. (Eds). 2009. Sourcebook of Family Theories and Methods: A Contextual Approach. New York: Springer.
Burke, P. 2015. Sejarah dan Teori Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Puspitawati, H. 2012. Gender dan Keluarga: Konsep dan Realita di Indonesia. Bogor: IPB Press.
Puspitawati, H., & Fahmi, S. A. (2008). Analisis Pembagian Peran Gender pada Keluarga Petani. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 1(2), 131-140.
Rosof, P. 1985. Family History. Haworth: The Haworth Press Inc.
- Teacher: Grace Tjandra Leksana