Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Profesi pendidik, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) atau Continuing Professional Development (CPD); Konsep, prinsip, dan prosedur PTK; Konsep, prinsip, dan prosedur Lesson Study for Learning Community (LSLC); Lesson study sebagai sarana membangun Professional Learning Community (PLC); Reformasi Sekolah melalui Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS); Bentuk-bentuk praktik lesson study di Indonesia (LSBS, LS MGMP, LSc, dst); Pembelajaran Kolaboratif dalam Lesson Study; Pengembangan Chapter design dan lesson design; Pengembangan sharing task dan jumping task. Rambu-rambu melaksanakan open class (briefing, pelaksanaan pembelajaran, observasi dan refleksi); Usulan penelitian berbasis PTK dan Lesson Study, Magang Kegiatan Lesson Study di sekolah yang melaksanakan Transformasi Pembelajaran melalui LSLC
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis hubungan antara konsep keprofesional pendidik, PKB/CPD, PLC dengan LSLC
  • Menganalisis pemanfaatan LSLC sebagai sarana mreformasi sekolah dan pengembangan keprofesional guru melalui kegiatan MGMP
  • Menganalisis perbandinagn bentuk-bentuk implementasi dan perkembangan lesson study di beberapa negara (Jepang, Amerika, England, China, Vietnam, Singapore, dll)
  • Melakukan analisis kritis artikel jurnal internasional tentang model-model pengembangan keprofesinalan pendidik (guru dan dosen) dan peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study
  • Terampil mengobservasi pembelajaran, menganalisis, menyampaikan refelski, dan menyusun rancangan pembelajaran inovatif dalam tahapan LSLC
Daftar Pustaka:
  • Istamar Syamsuri dan Ibrohim. 2011. Lesson Study (Studi Pembelajaran). Malang: UM Press.
  • Herawati Susilo, dkk. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah: Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Malang: Bayu Media
  • Herawati Susilo, Husnul Chotimah, Yuyun Dwitasari. 2009. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesional Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia.