Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar dan implementasi penilaian dan pengembangan instrumen penilaian pendidikan pembelajaran, prinsip dasar, ranah, jenis-jenis penilaian, rambu-rambu penyusunan instrumen penilaian dan langkah-langkah penilaian, teknik penyusunan instrumen penilaian tes dan nontes, ciri-ciri, prinsip-prinsip, bentuk, dan tipe penilaian, konsep dan tujuan pengujian instrumen penilian, pengujian validitas dan reliabilitas instrumen penilaian, analisis tingkat kesukaran dan daya beda, analisis, nilai opsi, penyusunan ranking, pembuatan profil prestasi belajar, dan pengelolaan hasil penilaian
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dasar penilaian dan pengembangan instrumen penilaian pendidikan, prinsip dasar, ranah, langkah-langkah penilaian, teknik tes dan nontes sebagai alat penilaian pembelajaran, ciri-ciri, prinsip-prinsip, bentuk, dan tipe penilaian pembelajaran, pengujian validitas dan reliabilitas, analisis item, nilai akhir, penyusunan ranking, dan pembuatan profil prestasi belajar. Mendesain dan menyusun kisi-kisi dan rubrik penilaian. Mempraktikan pengujian validitas, reliabilitas, analisis kualitas dan analisis homoginitas maupun efektifitas fungsi opsi alternatif jawaban instrumen penilaian pembelajaran baik secara manual maupun dengan memanfaatkan perangkat lunak aplikasi komputer. Menumbuhkan sikap jujur dan bertanggung jawab dalam merancang dan menerapkan penilaian dan pengembangan instrumen pendidikan
Daftar Pustaka:
  • Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  • Permendikbud RI Nomor 68 Tahun 2013 (No 24 tahun 2016) tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  • Popham, W. James (1995) Classroom Assessment. Boston: Allyn and Bacon
  • Purwanto, M. Ngalim (1985). Prinsip-Prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung, Cv Remaja Karya
  • Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Jaya
  • Permendikbud Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan
  • Surapranata, Sumarna. (2004). Analisis, Validitas, Reabilitas, dan Interprestasi Hasil Tes Jakarta; PT. Remaja Rosdakarya
  • Sanjaja, Wina. (2006) Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Perdana Media Grup
  • Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya
  • Sukmara, Dian. (2005). Implementasi Program Lifeskill Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Jalur Sekolah. Bandung: Mughni Sejahtera
  • Yuhaelawati, Ella. (2004) Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya
  • Ari Kunto, Suharsimi, (1978). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta,PT Bina Aksara
  • Budiman, Dasim. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Portopolio. Bandung: PT. Ganesindo
  • Depdiknas (2004) Pedoman Penilaian Kelas. Jakarta Depdiknas
  • Ioesmani, (1988). Pengukuran dan Evaluasi Dalam Pengajaran. Jakarta Depdiknas
  • Jihad, Asep, Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
  • Mehrens, Wiliam A and Irvin J. Lehmamn.(1984). Measurement and Evaluation in Education and Psychology, New York, Holtd and Rinehart
  • Nitko, Anthony J. (1996) Educational Assessment of Students. New Yersey: Prentice Hall, Englewood Cliff
  • Permendikbud RI Nomor 66 Tahun 2013 (No 23 tahun 2016) tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah