Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini mencakup kajian tentang arti, ruang lingkup dan pentingnya pengembangan media pembelajaran geografi yang inovatif, karakteristik materi/isi kurikulum geografi yang membutuhkan media pembelajaran inovatif, karakteristik kebutuhan siswa pada pembelajar geografi, perkembangan teknologi pembelajaran yang relevan untuk media, model-model pengembangan media pembelajaran inovatif good practices, dan rancangan dan prosedur pengembangan media pembelajaran inovatif
Capaian Pembelajaran
  • Memahami arti dan pentingnya pengembangan media pembelajaran inovatif
  • Memahami karakteristik muatan/isi kurukulum mata pelajaran geografi yang berlaku, karakteristik siswa era milineal, dan dinamika perkembangan teknologi pembelajaran, serta perkembangan inovasi pembelajaran yang berlangsung selama ini
  • Menganalisis kebutuhan kurikulum-muatan geografi dan kebutuhan siswa yang belajar geografi
  • Merancang media pembelajaran inovatif yang mengacu kurikulum geografi yang berlangsung
Daftar Pustaka:
  • Ade Kusnandar. (2006). Tips dan trik pembuatan multimedia pembelajaran interaktif. Jakarta: Dir. Pembinaan SMA
  • Smaldino, S.E Russell, J.D., Heinich, R., & Molenda, M. (2002) Instructional media and technologies for learning. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc
  • Surya Dharma, Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran, (Jakarta: Direktur Tenaga Kependidikan, 2008)
  • Warsita, B., 2013. Perkembangan Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran., Jurnal Kwangsan, 1(2)
  • Yahfizham, “Pengantar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Proses Pembelajaran Berbasis Elektronik (E- Learning )”, Jurnal Iqra’, Vol. 8 No. 2, 2014
  • Yaumi, Muhammad., 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media
  • Yuami, Muhammad., 2016. Terminologi Teknologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Historis. Terminologi Teknologi Pembelajaran. Volume V, Nomor 1, Januari - Juni 2016
  • Deni Darmawan, Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012
  • Haris Budiman. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 8, Nomor I. 2017
  • Heinich, R., Molenda, M., Russell, J.D., & Smaldino, S.E (2002) Instructional media and technologies for learning. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc
  • Ismail Darimi. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Islam Efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Volume 1, Nomor 2, Oktober 2017
  • Lihapsari Prihatin dkk, 1997, Teknik Komunikasi Tepat Guna Dalam Mengatasi Segala Bentuk Perubahan, Bandung: PPs UNPAD
  • Prof. Dr. S. Nasution, M.A., Teknologi Pendidikan, pertama edition (PT Bumi Aksara, 1994)
  • Punaji, S. (2008). Pengertian, Fungsi dan Pemanfaatan Media. Makalah disajikan dalam disajikan dalam lokakarya penyusunan GBIM, Peta Kompetensi, Jabaran, di Hotel Kusuma Madya Bandungan pada tanggal 1 – 4 April 2008. Semarang: BPM Semarang: tidak diterbitkan
  • Salomon, G. (2009) Interaction of media, cognition, and learning. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers