Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Adapun ruang lingkup Deskripsi Materi kuliah terdiri dari: (i) konsepsi etika komunikasi (perbedaan etika, epistemologi dan estetika dalam kaitan dengan kajian kebaikan, kebenaran dan keindahan serta kedudukan teori moral dan nilai etika dalam studi komukasi), (ii) berbagai teori dan pendekatan dalam etika komunikasi (teori normatif, teori perilaku moral, teori kultural, teori semiotika, teori struktural, teori tindakan sosial) (iii) etika sosial (etika dalam proses interaksi sosial, penilaian etis, ukuran kebaikan dan kesusilaan dalam tindakan etis manusia), (iv) ruang publik dalam proses interaksi sosial, hubungan antara negara dan warga, dan fenomena dominasi, hegemoni, eksploitasi, kekerasan, otoritarianisme, libertarianisme dalam media dan ruang publik, (v) media massa dalam konteks etika komunikasi (kebebasan pers dan kebebasan berekspresi pada forum publik, monopoli makna, kekuasaan negara dan kekuasaan pasar, etika media, pengawasan terhadap media) (vi) konsep dan aplikasi kode etik media pers, media penyiaran, humas/periklanan, dan kode etik telematika.


Capaian Pembelajaran
  • Konsepsi etika komunikasi


  • Teori dan pendekatan dalam etika komunikasi


  • Etika sosial dan Ukuran Tindakan Etis Manusia


  • Ruang publik dalam proses interaksi sosial


  • Etika Komunikasi melalui Media Massa.


  • Etika Komunikasi melalui Media Sosial dan Transaksi Elektronik


  • Etika komunikasi kehumasan dan bisnis.


Daftar Pustaka:
  • Anasom, Drs., M.Hum. 2004. Membangun Negara Yang Bermoral: Etika Bernegara dalam Naskah Klasik Jawa-Islam,  Semarang: Pustaka Rizki Putra.


  • DeFleur, Melvin L., Ball-Rokeach, Sandra. 1982. Theories of Mass Communication, 4th edition,  New York: Longman.


  • Hardiman, Budi, F. 2010. Ruang Publik: Melacak Partisipasi Demokratis dai Politis sampai Cyberspace,  Jogjakarta: Kanisius.  


  • Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi,  Yogyakarta: Kanisius.


  • Herman, Edward S., Chomsky, Noam.1988. Manufacturing Concent: the Political Economy of the Mass Media, New York: Panteon Book.