Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Adapun ruang lingkup
Deskripsi Materi kuliah terdiri dari: (i) konsepsi etika komunikasi (perbedaan
etika, epistemologi dan estetika dalam kaitan dengan kajian kebaikan, kebenaran
dan keindahan serta kedudukan teori moral dan nilai etika dalam studi
komukasi), (ii) berbagai teori dan pendekatan dalam etika komunikasi (teori
normatif, teori perilaku moral, teori kultural, teori semiotika, teori
struktural, teori tindakan sosial) (iii) etika sosial (etika dalam proses interaksi
sosial, penilaian etis, ukuran kebaikan dan kesusilaan dalam tindakan etis
manusia), (iv) ruang publik dalam proses interaksi sosial, hubungan antara
negara dan warga, dan fenomena dominasi, hegemoni, eksploitasi, kekerasan,
otoritarianisme, libertarianisme dalam media dan ruang publik, (v) media massa
dalam konteks etika komunikasi (kebebasan pers dan kebebasan berekspresi pada
forum publik, monopoli makna, kekuasaan negara dan kekuasaan pasar, etika
media, pengawasan terhadap media) (vi) konsep dan aplikasi kode etik media
pers, media penyiaran, humas/periklanan, dan kode etik telematika.
Capaian Pembelajaran
Konsepsi etika komunikasi
Teori dan pendekatan dalam etika komunikasi
Etika sosial dan Ukuran Tindakan Etis Manusia
Ruang publik dalam proses interaksi sosial
Etika Komunikasi melalui Media Massa.
Etika Komunikasi melalui Media Sosial dan Transaksi Elektronik
Etika komunikasi kehumasan dan bisnis.
Anasom, Drs., M.Hum. 2004. Membangun Negara Yang Bermoral: Etika Bernegara dalam Naskah Klasik Jawa-Islam, Semarang: Pustaka Rizki Putra.
DeFleur, Melvin L., Ball-Rokeach, Sandra. 1982. Theories of Mass Communication, 4th edition, New York: Longman.
Hardiman, Budi, F. 2010. Ruang Publik: Melacak Partisipasi Demokratis dai Politis sampai Cyberspace, Jogjakarta: Kanisius.
Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi, Yogyakarta: Kanisius.
Herman, Edward S., Chomsky, Noam.1988. Manufacturing Concent: the Political Economy of the Mass Media, New York: Panteon Book.
- Teacher: Rani Prita Prabawangi