Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:

Beragam prospek profesi berbasis kesejarahan di dunia kerja, ketrampilan dasar dunia kepenulisan, kependidikan, jurnalistik, aktivis budaya, permuseuman, arsiparis, dan perfilman. Pengantar: perkembangan prospek praktisi kesejarahan, serta jasa dan produk. Teknologi dan perubahan jenis pekerjaan dan perkembangan teknologi informasi. Sejarawan dan penulis sejarah: menulis dan menerbitkan tulisan, hak cipta, royalty, dan beli putus. Pengajar sejarah: ketrampilan pedagogik, silabus, dan bahan ajar. Jurnalistik, media online dan cetak, televisi, dan radio. Aktivis budaya: pamong budaya dan komunitas penikmat sejarah. Permuseuman: konservasi dan preservasi benda cagar budaya. Kearsipan: arsip institusi, arsip swasta, dan arsip perorangan. Perfilman: produksi sinema, penulisan storyboard, film dokumenter, dan film fitur. Event organizer: festival budaya, napak tilas, dan jelajah kota tua.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami dan menggambarkan praktisi kesejarahan sebagai prospek profesi.

  • Mahasiswa mampu mengadaptasi beberapa keterampilan dasar profesi berbasis kesejarahan.

  • Mampu mengimplementasikan keterampilannya secara professional dan memroduksi hasil karya prospektif berbasis kesejarahan.

Daftar Pustaka:
  • Agus Aris Munandar, dkk. 2011. Sejarah Permuseuman di Indonesia. Jakarta: Direktorat Permuseuman

  • A.L. Rowse. 2014. Apa Guna Sejarah?. Depok: Komunitas Bambu

  • Banu, I. 2014. Semua untuk Hindia. Jakarta: KPG

  • Nordholt, H.S. (eds.). 2008. Perspektif Baru Penulisan Sejarah Indonesia. Yogyakarta: YOI & KITLV Jakarta

  • Nuryanto, H. 2012. Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Balai Pustaka

  • Sulyus Natoradjo. 2011. Event Organizing: Dasar-dasar Event Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama