Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-07GC
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa mampu melakukan pekerjaan industri yang meliputi; Planning (merencanakan produk yang akan dikerjakan) Sampling (pembuatan sample produksi) Material sourcing, memilih bahan baku atau material termasuk garnitur yang akan dipakai pada proses produksi) dan Marker (perencanaan kebutuhan material dan semua perlengkapan yang digunakan) secara lengkap, cermat dan bertanggung jawab.
  • 2. Mahasiswa trampil melakukan pekerjaan Spreading bahan untuk keperluan produksi secara efektif dan efisien, sehingga dengan penghematan bahan akan mampu mengurangi biaya produksi suatu industri.
  • 3. Mahasiswa trampil melakukan pekerjaan Cutting , termasuk Sizing, Numbering dan Bundling secara cermat, tepat dan bertanggung jawab, sehingga mengurangi kemungkinan kurang/lebihnya elemen produksi yang dibutuhkan, dengan demikian akan dapat menekan Variable Cost.
  • 4. Mahasiswa trampil mengerjakan Sewing produksi dengan cepat, cermat dan zero-risk, sehingga dapat mengurangi biaya produksi busana yang sekaligus meningkatkan profit.
  • 5. Mahasiswa dapat melakukan proses Finishing produksi termasuk pekerjaan Trimming, Buttonning, Ironing secara benar, cermat, efektif dan efisien yang secara tidak langsung akan meningkatkan harga jual.
  • 6. Mahasiswa mampu melakukan Garment inspection untuk industri busana sesuai dengan pedoman yang ada secara teliti, cermat dan bertanggung jawab, sehingga mampu menghindari komplain dari konsumen.
  • 7. Mahasiswa trampil melakukan pekerjaan Packaging sesuai dengan produk busana yang dibuatnya secara tepat, rapi, efektif dan efisien, yang mampu menarik perhatian konsumen untuk membeli barang tersebut.
Daftar Pustaka:
  • ASBCI Association of Suppliers to the British Clothing Industry. 2020. Garment Costing: Everything you need to know about the cost of making clothes. Publisher: ASBCI. Baugh, Gail. 2018. The Fashion Designer's Textile Directory: A Guide to Fabrics' Properties, Characteristics, and Garment-Design Potential. Publisher: B.E.S Cooklin, Gerry., Hayes, Steven George., McLoughlin, John., and Fairclough, Dorothy. 2012. Cooklin's Garment Technology for Fashion Designers 2nd Edition. Publisher: Wiley-Blackwell. Hatfield, C B. 2017. Designing, Cutting and Grading Boot and Shoe Patterns, and Complete Manual for the Stitching Room. Publisher: Read Books. Sarkar, Prasanta. 2015. Garment Manufacturing: Processes, Practices and Technology Kindle Edition. ublisher: Online Clothing Study.