Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Melalui matakuliah ini mahasiswa mengkaji secara terintegrasi kecakapan abad 21 meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap serta penguasaan TIK dengan mengembangkan : (1) Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill; (2) Kecakapan Berkomunikasi (Communication Skills)a; (3) Kecakapan Kreatifitas dan Inovasi (Creativity and Innovation); dan (4) Kecakapan Kolaborasi (Collaboration), berpikir tingkat tinggi (HOTS), kharakter serta kemampuan literasi untuk mengembangkan inovasi pembelajaran sejarah yang efektif dan menginspirasi
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menggunakan TIK untuk mencari, menemukan, atau menciptakan kreasi inovasi secara jujur dan bertanggung jawab dengan mengembangkan kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi dan kerjasama, serta berpikir tingkat tinggi, kharakter dan literasi untuk mengembangkan pembelajaran sejarah yang efektif dan menginspirasi
Daftar Pustaka:
  • Ananiadou, K. and Claro, M. 2009. 21st Century Skills and Competences for New Millennium Learners in OECD Countries. OECD Education Working Papers, No. 41. Paris, OECD Publishing
  • Harli Trisdiono. H. (2013) Strategi Pembelajaran Abad 21 Yogyakarta: LPMP. https://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/strategi-pembelajaran-abad-21/
  • Wagner, T. 2010. Overcoming The Global Achievement Gap (online). Cambridge, Mass., Harvard University
  • Barry, M. 2012. What skills will you need to succeed in the future? Phoenix Forward (online). Tempe, AZ, University of Phoenix
  • Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
  • Greenstein, L., 2012, Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin
  • National Education Association. (n.d.). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs.” http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf
  • Saavedra, A. dan Opfer, V., 2012, Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Sciences. A Global Cities Education Network Report. New York, Asia Society
  • The Partnership for 21st Century Learning, 2015, P21 Framework Definitions. http://www.p21.org/storage/documents/docs/P21_Framework_ Definitions_New_Logo_2015
  • The Partnership for 21st Century Skills, 2008, 21st Century Skills, Education dan Competitiveness: A Resource and Policy Guide. http://www.p21.org/storage/documen
  • Trilling, B. and Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc