Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
C9-BK
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengeksplorasi secara sistematis konsep-konsep dasar tentang kesehatan mental

  • Mahasiswa mampu mengeksplorasi ciri-ciri pribadi sehat dan pribadi tidak sehat

  • Mahasiswa dapat mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental

  • Mahasiswa dapat menelaah dan menganalisis bentuk-bentuk gangguan kepribadian

  • Mahasiswa dapat menganalisis mekanisme pertahanan diri

  • Mahasiswa dapat menemukan solusi strategi mengelola stress dan frustasi

  • Mahasiswa dapat mengeksplorasi penyimpangan kesehatan mental

  • Mahasiswa dapat mengeksporasi reaksi psikologis pada situasi yang merugikan

  • Mahasiswa dapat menemukan solusi dalam memajukan layanan kesehatan mental di sekolah

  • Mahasiswa dapat mengimplementasikan program BK sesuai kaidah kesehatan mental

Daftar Pustaka:
  • Radjah, L. C., & Setyowati, J.A. 2015. Kesehatan Mental. Malang: FIP UM.

  • Eshun, Sussie., Gurung, Regan A.R. 2009. Culture and Mental Health: Sociocultural Influences, Theory, and Practice. New Jersey: Wiley-Blackwell

  • Halgin, P.R., Whitbourne, K.S. 2010. Psikologi Abnormal: Perspektif Klinis Pada Gangguan Psikologis. Alih Bahasa Tsuyan’ni, A, dkk. Jakarta: Salemba Humanika.

  • Atkinson, M. Hornby, 2005. G. Mental Health Handbook for School. New York: Taylor and francis e-Library.

  • Isham, J.G 2010.Provision of Mental Health Counseling Services Under Tricare. Washington D.D: The National Academies Press

  • Carter, Rosalynn. 2005. Promoting mental health: concepts, emerging evidence, practice : report of the World Health Organization. Melbourne: Department of Mental Health and Substance Abuse in collaboration with the Victorian Health Promotion Foundation and the University of Melbourne