Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
C20-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mempelajari tentang praktikum secara tersupervisi dalam pengembangan teknik asesmen non tes (self report, other report, DCM, sosiometri dan commulative recods), validasi instrumen non tes, pengumpulan data, analisis data dan penentuan rekomendasi/program prioritas berdasarkan hasil analisis, dan penyusunan laporan.
Capaian Pembelajaran
  • Mengenali Sosok Utuh Kompetensi Profesional Konselor dalam layanan bimbingan dan konseling pada konteks pendidikan formal
  • Mengenali Asesmen Psikologis: Teknik Nontes untuk keperluan dalam layanan bimbingan dan konseling
  • Mengenali berbagai jenis asesmen psikologis dalam kategori teknik nontes berbasis IT Menemukan kelemahan dan kelebihan software instrument nontes.
  • Mampu merancang layanan bimbingan dan konseling pada jenis, jalur dan jenjang pendidikan dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif.
  • Mampu melaporkan hasil tes dan memanfaatkan hasil tes dalam layanan bimbingan dan konseling.
Daftar Pustaka:
  • Nur Hidayah. 1998. Pemahaman Individu: Teknik Nontes. Malang: FP UB
  • Nur Hidayah. 2000. Pedoman Praktikum: DCM. Malang: BKP FIP UM.
  • Nur Hidayah, dkk., 2006. Pedoman Praktikum: Software Instrumen Nontes Malang: BKP FIP UM.
  • Nur Hidayah. 2010. Pembelajaran Teknik Nontes Berbasis IT. Malang: BKP FIP UM.
  • Nur Hidayah.2010. Kumpulan software Instrumen Nontes. Malang: BKP FIP UM.
  • PB ABKIN. 2007. Naskah Akademik: Penataan Pendidikan Profesional Konselor. Jakarta: ABKIN.
  • John R. Graham, Jack A. Naglieri & Irving B. Weiner. 2003. Handbook of Psychology. John Wiley & Sons, Inc.