Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:

Membahas hakikat penelitian, ragam rancangan penelitian Pendidikan (yang mencakup konsep dasar, dan karakteristik, rancangan penelitian tindakan kelas, R & D, penelitian eksperimen kuasi, dan penelitian kualitatif), anatomi dan teknik penyusunan usulan penelitian Pendidikan Fisika, anatomi dan teknik analisis hasil-hasil penelitian Pendidikan fisika, dan teknik analisis data penelitian Pendidikan Fisika. Mahasiswa melakukan eksplorasi dan diskusi untuk menganalisis hasil-hasil penelitian Pendidikan Fisika (skripsi dan artikel) untuk memperoleh contoh dan ide inovatif untuk usulan penelitian skripsi masing-masing yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk proposal penelitian.


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai hakekat penelitian pendidikan Fisika dan konsep dasar PTK, R & D, penelitian eksperimen kuasi, dan penelitian kualittatif

  • Menguasai karakteristik komponen usulan penelitian Pendidikan Fisika (latar belakang, kajian pustaka, metode penelitian, dan perencanaan analisis data hasil penelitian) berdasarkan desain penelitian yang digunakan dan keterkaitan masing-masing komponen

  • Mengkaji, menganalisis dan mengomunikasikan hasil-hasil penelitian Pendidikan Fisika secara kritis untuk menyelesaikan problematik pembelajaran Fisika

  • Menentukan rancangan penelitian pendidikan Fisika berdasarkan permasalahan yang diajukan dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, dan inovatif

  • Merancang dan menggunakan teknik analisis data secara sistematis dan sesuai dengan rancangan penelitian Pendidikan Fisika

  • Menyusun usulan penelitian pendidikan Fisika berdasarkan rancangan penelitian pendidikan Fisika untuk PTK, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimen kuasi, dan penelitian kualitatif secara komprehensif.

Daftar Pustaka:
  • Cohen L, Manion L., Morrison K, 2007. Research Methods in Education. Routhledge: London.

  • Creswell, J. W., 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education.

  • Donald Ary, Lucy Cheser Jacobs & Christine K. Sorensen. 2010. Introduction to Research in Education. Eighth Edition, Cengage Learning

  • Gall, M. D., Gall, J. P. & Borg, W. R., 2007. Educational Research, an Introduction.Boston: Pearson Education.

  • Jan van den Akker, Brenda Bannan, Anthony E. Kelly ,Nienke Nieveen, and Tjeerd Plomp. 2013. Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO), Enschede, the Netherlands.

  • Pelton, R. P., 2010. .Action Research for Teacher Candidates, Using Classroom Data to Enhance Instruction. Maryland: Rowman & Littlefield Education.

  • Sukmadinata. N. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

  • Tim UM, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UM Press.

  • Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media