Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Membahas hakikat penelitian, ragam rancangan penelitian Pendidikan (yang mencakup konsep dasar, dan karakteristik, rancangan penelitian tindakan kelas, R & D, penelitian eksperimen kuasi, dan penelitian kualitatif), anatomi dan teknik penyusunan usulan penelitian Pendidikan Fisika, anatomi dan teknik analisis hasil-hasil penelitian Pendidikan fisika, dan teknik analisis data penelitian Pendidikan Fisika. Mahasiswa melakukan eksplorasi dan diskusi untuk menganalisis hasil-hasil penelitian Pendidikan Fisika (skripsi dan artikel) untuk memperoleh contoh dan ide inovatif untuk usulan penelitian skripsi masing-masing yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk proposal penelitian.
Capaian Pembelajaran
Menguasai hakekat penelitian pendidikan Fisika dan konsep dasar PTK, R & D, penelitian eksperimen kuasi, dan penelitian kualittatif
Menguasai karakteristik komponen usulan penelitian Pendidikan Fisika (latar belakang, kajian pustaka, metode penelitian, dan perencanaan analisis data hasil penelitian) berdasarkan desain penelitian yang digunakan dan keterkaitan masing-masing komponen
Mengkaji, menganalisis dan mengomunikasikan hasil-hasil penelitian Pendidikan Fisika secara kritis untuk menyelesaikan problematik pembelajaran Fisika
Menentukan rancangan penelitian pendidikan Fisika berdasarkan permasalahan yang diajukan dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, dan inovatif
Merancang dan menggunakan teknik analisis data secara sistematis dan sesuai dengan rancangan penelitian Pendidikan Fisika
Menyusun usulan penelitian pendidikan Fisika berdasarkan rancangan penelitian pendidikan Fisika untuk PTK, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimen kuasi, dan penelitian kualitatif secara komprehensif.
Cohen L, Manion L., Morrison K, 2007. Research Methods in Education. Routhledge: London.
Creswell, J. W., 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education.
Donald Ary, Lucy Cheser Jacobs & Christine K. Sorensen. 2010. Introduction to Research in Education. Eighth Edition, Cengage Learning
Gall, M. D., Gall, J. P. & Borg, W. R., 2007. Educational Research, an Introduction.Boston: Pearson Education.
Jan van den Akker, Brenda Bannan, Anthony E. Kelly ,Nienke Nieveen, and Tjeerd Plomp. 2013. Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO), Enschede, the Netherlands.
Pelton, R. P., 2010. .Action Research for Teacher Candidates, Using Classroom Data to Enhance Instruction. Maryland: Rowman & Littlefield Education.
Sukmadinata. N. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tim UM, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UM Press.
Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media
- Pengajar: Supriyono Koes H