Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
S-S
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa memahami secara komprehensif berbagai perspektif atau teori belajar konstruktivistik kognitif dan konstruktivistik social; landasan teori yang terkait dengan conceptual change, problem solving, pembelajaran dengan multirepresentasi, pembelajaran berbasis pemodelan, pembelajaran berbasis projek atau masalah, pembelajaran berbasis inkuiri, dan pembelajaran fisika dalam konteks STEM serta implikasinya dalam belajar dan pembelajaran fisika.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai berbagai teori atau perspektif tentang belajar dan pembelajaran fisika serta implikasinya pada praktik pembelajaran fisika dan pengembangan ilmu pendidikan fisika di tingkat global
  • 1. Menguasai berbagai teori atau perspektif tentang belajar dan pembelajaran fisika serta implikasinya pada praktik pembelajaran fisika dan pengembangan ilmu pendidikan fisika di tingkat global
  • 2. Memiliki kemampuan mengembangkan model pembelajaran berdasarkan kajian perspektif atau teori dan psikologi belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran fisika
  • 2. Memiliki kemampuan mengembangkan model pembelajaran berdasarkan kajian perspektif atau teori dan psikologi belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran fisika
Daftar Pustaka:
  • Agarkar, S. C. (2019). Influence of learning theories on science education. Resonance, 24(8), 847-859.
  • Kaya, Zeki & Akdemir, Selçuk (editor) (2016). Learning And Teaching Theories, Approaches and Models. Çözüm Eğitim Yayıncılık. Ankara, Türkiye.
  • Moallem, M., Hung, W., & Dabbagh, N. (Eds.). (2019). The Wiley handbook of problem-based learning. Wiley Blackwell.
  • Plass, Moreno, & Brunken (eds).(2010). Cognitive Load Theory. Cambridge University Press
  • Sawyer, R. Keith (2014). The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (Second Edition).Cambridge University Press.
  • Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective, 6th edition. Pearson.
  • Sternberg. J Robert & Sternberg, Karin. (2012). Cognitive Psychology. Canada:Nelson Education, Ltd.
  • Treagust, D. F., Duit, R., & Fischer, H. E. (Eds). (2017). Multiple representations in physics education (Models And Modeling In Science Education, Vol. 9). Springer.
  • Vosniadou, S. (2012). Reframing the classical approach to conceptual change: Preconceptions, misconceptions and synthetic models. In Frazer, Tobin, McRobbie (Eds). Second International Handbook of Science Education, Volume 2.( pp. 119-130), Springer
  • YILMAZ, Kaya (2011). The Cognitive Perspective on Learning: Its Theoretical Underpinnings and Implications for Classroom Practices. The Clearing House, 84: 204–212, 2011. Routledge: Taylor & Francis Group.
  • Amin, T. G., & Amin, T. (2017). Articulating Knowledge-in-Pieces with Other Theories of Conceptual Change.
  • Blessinger, Patrick & Carfora, John M. (2015). Inquiry-Based Learning for Science, Technology, Engineering, and Math (Stem) Programs: A Conceptual and Practical Resource for Educators: Volume 4. Emerald Insight.
  • D.J. Raine. (2020). Problem-Based Approaches to Physics: Changing perspectives in higher education. IOP Publishing Ltd
  • Daniel, K. L. (Ed.). (2018). Towards a framework for representational competence in science education (Models And Modeling In Science Education, Vol. 11). Springer. –Part I dan II
  • DiSessa, A. A. (2017). Conceptual change in a microcosm: Comparative learning analysis of a learning event. Human Development, 60(1), 1-37.
  • Gilbert, J. K., & Justi, R. (2016). Modelling-based teaching in science education (Models And Modeling In Science Education, Vol. 9). Springer.
  • Hassard, J. (2005). The art of teaching science: inquiry and innovation in Middle School and High School. Oxford University Press.
  • Johnson, Walton, and Peters-Burton. (2018). Car Crashes: STEM Road Map for High School. NSTA Press